Ketan Duren Yang Maknyus Ini Cuma Rp 7 ribu Lho

image
Ketan Duren Jepara

JEPARA – Buah durian dari Jepara sudah tersohor hingga luar daerah. Setiap musim buah berkulit duri ini tiba, banyak wisatawan luar kota berburu durian di Kota Ukir. Di Jepara, pasar durian ada di Pasar Buah Ngabul, Kecamatan Tahunan.

Selain terdapat puluhan penjual durian, di salah satu sudut pasar yang terletak di Jalan Raya Jepara – Kudus ini ada satu pedagang makanan hasil olahan durian. Warung itu adalah warung milik Rasni yang menjual dawet durian dan ketan durian.

Dawet durian merupakan minuman tradisional dawet yang diberi buah durian. Jika dawet pada umumnya menggunakan gula Jawa, namun dawet Rasni pada gula yang disiramkan pada dawet diberi durian. Sehingga mengasilkan sensasi rasa yang berbeda dengan dawet-dawet pada biasanya.

image

Jika sudah biasa menjumpai dawet durian, menu pilihan lainnya adalah ketan durian. Bisa jadi menu yang satu ini masih jarang dijumpai. Ketan durian merupakan makanan yang berbahan dasar ketan dan durian. Dimana ketan yang sebelumnya ditanak dengan santan, kemudian disiram denga kuah durian.

“Setiap porsi ketan durian diberi tiga buah durian. Jadi makan ketan sekaligus makan durian,” ujar Rasni, baru-baru ini.

Disampaikan Rasni, untuk menikmati satu porsi dawet durian maupun ketan durian, cukup merogoh kocek Rp. 10 ribu. Harga tersebut dibandrol ketika tidak musim durian. Namun, jika musim durian tiba seperti saat ini, harga satu porsi cukup Rp. 7 ribu.

“Kalau tidak musim durian harganya sedikit lebih mahal karena duriannya harus didatangkan dari luar kota,” kata Rasni.

image

Salah seorang penggemar durian, Ulung, menyatakan ketan durian yang dijual Rasni berbeda dengan olahan makanan dari durian pada umunya. Pasalnya, gurihnya ketan dipadukan dengan legitnya durian sangat menggoyang lidah.

“Kalau dirian dimakan biasa sensasinya kan biasa saja, tapi kalau dipadukan dengan ketan seperti ini berbeda. Pas banget dan tidak membuat enek,” kata Ulung. (Teks dan foto: Rhobi Shani)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 47 = 57

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.