Keren! USM Punya Gedung Parkir Tertinggi dan Termegah di Indonesia

Gedung parkir tersebut tercatat memiliki ketinggian 26,5 meter dengan 8 lantai dan mampu menampung hingga 1.800 motor.

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) memiliki gedung parkir sepeda motor tertinggi dan berkapasitas terbanyak di Indonesia. Rekor ini tercatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) sebagai kampus dengan gedung parkir motor tertinggi.

Peresmian gedung parkir USM, Senin (28/10/2019). Foto: dokumentasi

Gedung parkir tersebut tercatat memiliki ketinggian 26,5 meter dengan 8 lantai dan mampu menampung hingga 1.800 motor. Peresmian operasional gedung parkir dan pemberian penghargaan Leprid tersebut dilakukan pada Senin (28/10/2019) malam.

Penghargaan Leprid diberikan oleh Ketua Umum dan Pendiri Leprid Paulus Pangka kepada Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr Muladi selaku pemrakarsa, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Abdullah Kelib sebagai inisiator, dan Rektor USM Andy Kridasusila selaku pendukung.

‘’Setelah melakukan pengecekan dari berbagai kampus yang ada di Indonesia, bahwa gedung parkir motor yang dibangun USM ini menjadi kampus dengan gedung parkir motor roda dua tertinggi yang mampu menampung kendaraan terbanyak yakni 1.800 motor,” ungkap Paulus Pangka.

Pembangunan gedung parkir dengan fasilitas yang terbaik kepada mahasiswa ini juga dinilai akan menjadikan kampus yang menyenangkan bagi seluruh civitas akademika USM.

Ketua pembangunan gedung parkir II, Soeharsojo menyebutkan, gedung parkir untuk parkir sepeda motor ini berada di lantai 2 hingga 6. Sedangkan lantai satu nantinya kantin dengan 44 booth, serta lantai 7 dan 8 untuk ruang pertemuan yang dilengkapi Wifi dan bisa untuk menampung kegiatan mahasiswa sampai 300 orang.

Gedung parkir USM mendapat penghargaan dari Leprid. Foto: dokumentasi

‘’Pembangunan gedung parkir ini memakan waktu 110 hari kerja dengan biaya mencapai Rp 24 miliar. Kami berharap adanya gedung parkir ini dapat mengurangi permasalahan parkir yang selama ini dialami kampus USM,’’ katanya.

Sementara itu, Prof Dr Muladi mengatakan bahwa pembangunan gedung parkir ini merupakan refleksi bahwa dana dari mahasiswa harus dikembalikan kepada mahasiswa.

“Yayasan Alumni Undip memberikan fasilitas yang terbaik untuk mahasiswa seperti tempat diskusi, ruang kuliah, Lab, taman, jalan dan lain-lain sehingga USM menjadi kampus konvenien atau menyenangkan bagi civitas akademika,” kata Muladi.

Usai peresmian yang dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu sendiri, dilanjutkan dengan diskusi panel dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda di lantai 7 gedung parkir. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.