Kepala KSOP I Semarang Beberkan Kronologi Ambruknya Crane di Tanjung Emas

Sesaat sebelum bersandar terjadi gangguan yang mengakibatkan kapal tidak bisa memperlambat lajunya.

SEMARANG – Kapal Internasional pengangkut kontainer, MV. Soul of Luck menabrak Container Crane di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Minggu (14/7/2019) sore sekira pukul 17.00. Kecelakaan tersebut mengakibatkan kerugian hingga Rp 60 miliar.

Sisa kejadian kapal kontainer MV. Soul of Luck menabrak Container Crane di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, Ahmad Wahid menjelaskan kronologi terjadinya peristiwa tersebut dalam konferensi pers di Kantor Pelindo III, Senin (15/7/2019) siang. Wahid mengatakan sudah meminta keterangan kepada pihak terkait mengenai hal tersebut.

“Sebelumnya, kondisi kapal sudah diperiksa. Namun sesaat sebelum bersandar terjadi gangguan yang mengakibatkan kapal tidak bisa memperlambat lajunya ketika akan bersandar,” ungkapnya.

Dijelaskan secara teknis, kapal yang ingin bersandar akan memperlambat lajunya dengan cara mengarahkan mesin kapal untuk bergerak mundur. Namun ketika awak kapal melakukan manuver tersebut, mesin tidak merespons perintah tersebut.

Akibatnya, kecepatan kapal saat mendekati dermaga tidak melambat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sesuai SOP kapal akan dikaitkan dengan pengikat.

“Namun laju kapal sudah tidak bisa terkendali meskipun sudah dilakukan beberapa prosedur tersebut. Akhirnya benturan tidak bisa dihindari,” paparnya.

Wahid mengatakan, prosedur yang memang sudah tepat dilakukan dapat meminimalisasi dampak yang terjadi. Kerusakan bisa menjadi lebih parah jika para petugas mengabaikan SOP yang ada ketika kejadian terjadi.

Dampak kecelakaan tersebut adalah ambruknya satu tiang crane yang kemudian menimpa tiga unit head truck. Satu petugas yang bertindak sebagai sopir head truck mengalami luka ringan. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.