Kementerian PUPR Kucurkan Lagi Dana Revitalisasi Kota Lama Rp 35 miliar

Pemerintahan sekarang, peduli terhadap persoalan situs sejarah dan warisan budaya.

SEMARANG- Pemerintah Kota Semarang mendapatkan tambahan anggaran untuk kegiatan revitalisasi Kawasan Kota Lama Semarang dari Pemerintah Pusat. Dana yang semula hanya Rp 165 miliar ditambah Rp 35 miliar, sehingga menjadi Rp 200 miliar.

Kendaraan melintas di Jalan Letjen Suprapto Kawasan Kota Lama Semarang yang tengah direvitalisasi, Selasa (18/9/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, penambahan anggaran untuk revitalisasai Kawasan Kota Lama itu diberikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercantik dan memperindah Kawasan Kota Lama.

Pemerintah, kata Hendi, sapaan akrabnya, mendukung agar Kawasan Kota Lama Semarang bisa diterima dan lolos ditetapkan sebagai World Herritage oleh Unesco. Saat ini masih proses penilaian. Rencananya akan diumumkan pada tahun 2020.

“Inilah hebatnya pemerintahan sekarang, peduli terhadap persoalan situs sejarah dan warisan budaya. Begitu kami sampaikan, Pak Menteri PUPR langsung merespon,” ujar Hendi, Selasa (18/09/2018).

BACA JUGA: Perwakilan Pemkot Semarang Terbang ke Belanda Ikuti Pelatihan Revitalisasi Kota Lama

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dukungan tambahan pendanaan itu karena Kementerian PUPR menginginkan Kawasan Kota Lama lebih dipercantik dengan penggunaan polesan batu alam murni.

“Jadi, paving jalan dan pedesrian serta furniturenya nanti termasuk akan diganti dengan batu alam, karena itu kebutuhan dananya jadi membengkak,” kata dia.

Ita, sapaan akrabnya, yang juga Wakil Wali Kota Semarang mengatakan, penataan Kawasan Kota Lama Semarang dilakukan dengan secara detail dan berhati-hati sesuai dengan kaidah yang ditentukan oleh Unesco.

“Termasuk, Kawasan Kota Lama nanti juga akan dibuat menjadi beberapa zona dan setiap zonanya ditentukan aturan dan penggunaannya sebagai World Heritage. Seperti zona city walk, zona satu mobil, dan zona-zona lainya,” ujar dia. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.