Kementerian Perindustrian Berikan Peralatan untuk IKM di Semarang Barat

Bantuan yang diberikan pemerintah ini diharapkan diikuti dengan bertambahnya produksi dari sisi kuantitas maupun kualitas.

SEMARANG – Kementerian Perindustrian Republik Indonesia memberikan bantuan kepada warga Semarang Barat berupa alat perbengkelan, bandeng presto dan freezer. Penyerahan bantuan difasilitasi oleh Anggota DPR RI, Juliari P Batubara pada Jumat (7/9/2018).

Anggota DPR RI, Juliari P Batubara memfasilitasi bantuan Kementerian Perindustrian kepada para pelaku IKM di Kecamatan Semarang Barat, Jumat (7/9/2018). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Juliari mengatakan, pemerintah mendukung perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di masing-masing daerah. Hal itu dimaksudkan agar perkembangan ekonomi diikuti dengan ketersediaan barang langsung dari daerah tersebut.

“Jangan sampai kebutuhan suatu daerah tinggi tetapi daerah tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan. Akhirnya mengambil dari daerah lain. Kalau terjadi demikian, yang sejahtera malah daerah lain,” kata dia.

Dia berharap, bantuan yang diberikan pemerintah ini diikuti dengan bertambahnya produksi dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang, Nur Jannah memaparkan, penerima bantuan adalah bengkel stel pintu sebanyak 20 set, peralatan bantuan untuk bandeng presto sebanyak 5 unit dan 23 freezer untuk para perajin ikan asap. Alat-alat tersebut merupakan permintaan dari para pelaku IKM yang kemudian disampaikan kepada Kementerian.

Nur Jannah mengatakan, kendala dalam pengembangan IKM antara lain adalah peralatan. Dengan bantuan ini, diharapkan para pelaku IKM akan lebih produktif dan fokus dalam pemasaran dan packaging. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.