Kelurahan Plalangan Wakili Jawa Tengah di Lomba LBS Tingkat Nasional

SEMARANG – Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang memiliki banyak potensi terutama hortikultura berhasil maju mewakili Jawa Tengah dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat nasional.

Tim Ketua TP PKK meninjau Griya KetelaQu di Kelurahan Plalangan. Foto: istimewa

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, masuknya Kelurahan Plalangan dalam lomba LBS tingkat nasional ini merupakan implementasi dari semangat Bergerak Bersama.

‘’Kelurahan Plalangan adalah wilayah yang cukup unik di Kota Semarang, mempunyai potensi yang beraneka ragam terutama hortikultura ditambah lagi warganya sangat nyengkuyung konsep bergerak bersama,’’ katanya, Minggu (22/4).

Pria yang karib disapa Hendi ini berharap Kelurahan Plalangan bisa menjadi nomor satu dan terbaik dalam lomba ini. Ia membeberkan, bahwa pihaknya membangun Kota Semarang dengan konsep Bergerak Bersama. Konsep ini mengedepankan kebersamaan dan sinergitas dari 4 komponen.

‘’Pemerintah saja tidak cukup untuk bisa melakukan perubahan-perubahan kemajuan di Kota Semarang. Perlu banyak tangan untuk bisa membangun kota ini, karena itu ada unsur 4P yang harus berjalan beriringan. Pemerintah, Pengusaha, Pewarta dan Penduduk,’’ ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendrar Prihadi menambahkan, peran masyarakat Semarang selama ini dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat selalu didukung serta difasilitasi oleh pemerintah. Yaitu dengan ada kebijakan-kebijakan yang berkaitan dangan lingkungan.

‘’Seperti Perda nomor 5 tahun 2010 tentang DBD dan Perda nomor 3 tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sebagai payung hukum lingkungan untuk warga Semarang,’’ terangnya.

Menurutnya, kebijakan tersebut kemudian diimplementasikan ke berbagai bentuk seperti setiap Jumat bersama PKK Kecamatan melakukan jumat bersih bebas jentik, program Si Centik (Siswa Cari Jentik) di sekolah SD-SMP, pengolahan bank sampah yang hasilnya diolah menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat.  (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

83 + = 85

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.