Kejari Kudus Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Bodong

image
Kejaksaan Negeri Kudus musnahkan rokok ilegal yang sudah berkekuatan hukum tetap. (Metro Jateng/Rhobi Shani)

KUDUS – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus, hari ini, Selasa (15/9), memusnahkan 602.400 batang rokok ilegal. Pemusnahan ini dilakukan lantaran kasus pelanggaran cukai rokok itu sudah berkekuatan hukum tetap. Ratusan ribu batang rokok bodong itu merupakan barang bukti dari tiga perkara pidana.

Kepala Kejari Kudus, Hasran, menyampaikan, vonis yang dijatuhkan untuk para pelaku berupa denda dan kurungan minimal satu tahun penjara. Selain itu, barang bukti berupa rokok produksi para pelaku disita negara.

“Kami musnahkan barang buktinya karena kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap. Rokok yang dimusnahkan semuanya berjenis sigaret kretek mesin (SKM),” terang Hasran.

Bertempat di halaman belakang Kejari Kudus, pemusnahan rokok bodong itu dilakukan secara simbolis. Pada kesempatan yang sama, Kejari Kudus juga menghancurkan tiga telpon genggam yang juga bagian barang bukti dari tiga perkara tersebut.

“Ponsel yang ini digunakan untuk memasarkan rokok-rokok ilegal, makanya turut disita dan dihancurkan,” tandas Hasran.

Setelah dilakukan pemusnahan secara simbolis, rokok bodong sisanya dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Tanjungrejo. Di lokasi itu, pemusnahan rokok ilegal ini dilanjutkan dengan cara dirusak dan dikubur dalam tanah.

“Tidak mungkin dihancurkan disini semua, karena halamannya kan terbatas,” kata Hasran. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 61 = 67

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.