Kebun Bibit Senopati, Tak Hanya Tempat Selfie Tapi Juga Edukasi

Oleh: Humas Pemkot Magelang

Ditempat ini terdapat ratusan jenis bibit tanaman buah dan bunga. Jumlahnya sudah mencapai ribuan bibit

MAGELANG – Satu tempat yang indah untuk ber swafoto di kota Magelang adalah Kebun Bibit Senopati. Berbagai jenis tanaman bunga dan buah ada di kebun yang terletak di Jalan Senopati kelurahan Jurangombo Utara,  tidak jauh dari obyek wisata Taman Kyai Langgeng. 

 

kebun bibit senopati
Kebun Bibit Senopati Kota Magelang. (foto: Humas Kota Magelang)

 

 

Meski baru diresmikan 2016 lalu oleh Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito, namun keberadaan kebun bibit ini langsung disambut antusias oleh masyarakat. Selain bisa untuk rekreasi, kebun ini merupakan tempat favorit untuk ber-swafoto atau selfie. Penataan kebun yang rapi dan indah serta bersih, menjadi pilihan masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

 

Setiap hari sejak diresmikan, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dari  pagi hingga sore hari, selalu saja ada saja yang datang, baik perorangan ataupun berombongan. “Bahkan sudah sering dijadikan tempat untuk studi banding dari berbagai kota, baik pemda, PKK atau rombongan lainnya,” tutur Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Ir Eri Widyo Saptoko.

 

Pada musim libur semester, Natal dan tahun baru 2019 ini, kunjungan naik drastis. Eri menilai, banyaknya wisatawan dan masyarakat yang berkunjung, karena tertarik dengan keindahan taman bibit Senopati ini.

 

Apalagi latar belakang dari kebun ini adalah gunung Sumbing yang menawan. Juga ada miniatur water Toren dengan warna orange yang cukup mencolok, menjadikan hasil foto nampak lebih bagus. “Mereka banyak yang tahu melalui berbagai media, kalau di Kota Magelang ada tempat untuk selfie,” ujarnya.

kebun bibit senopati
Kebun Bibit Senopati Kota Magelang. (foto: Humas Kota Magelang)

 

Selain sebagai tempat selfie, tempat ini juga menjadi sarana wisata edukatif. Ditempat ini terdapat ratusan jenis bibit tanaman buah dan bunga. Jumlahnya sudah mencapai ribuan bibit, hasil pengembangan sendiri.

 

Keberadaan kebun bibit Senopati ini, imbuh Eri, merupakan salah satu bentuk layanan Pemkot Magelang untuk melayani masyarakatnya. “Sebagai kota jasa, pemkot berusaha untuk terus memberi pelayanan terbaiknya kepada masyarakat secara luas,” imbuhnya.

 

Itu sebabnya, wisatawan atau warga yang berkunjung di kebun bibit ini tidak dipungut biaya alias gratis. Meski tidak dipungut biaya, namun pemeliharaan dan pengelolaan  kebun bibit ini tetap diperhatikan, terutama untuk kebersihan.
Kedepan, kata Eri, kebun bibit ini akan diberi tambahan sarana untuk berswafoto. “Kita akan bangun tempat-tempat yang dekoratif untuk lebih memuaskan pengunjung,” pungkasnya.

 

Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito dalam suatu kesempatan pernah mengatakan, meski tempat ini tidak begitu luas, namun sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama untuk sarana edukasi mereka yang ingin belajar bertanam.

Karena ditempat ini,  warga bisa belajar cara  merawat tanaman, pembibitan dengan berbagai cara seperti menyetek, menyambung tanaman dan semacamnya. Warga juga diperbolehkan membeli bibit tanaman di lokasi ini.

Kebun bibit ini diharapkan bisa senafas dengan ikon Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga. Disini, banyak terdapat bibit dengan ratusan jenis, seperti Tri Colour, mawar, melati dan semacamnya.(ADV).

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.