Kebakaran Merbabu Sulit Dipadamkan. Piye Jal?

image
Kebakaran Gunung Merbabu belum berhasil dipadamkan dan telah menghanguskan 270 hektar kawasan hutan dan lahan pertanian warga di Boyolali, Magelang dan Kopeng.

BOYOLALI – Kebakaran hutan Gunung Merbabu semakin tak terkendali. Kebakaran yang terjadi sejak Minggu (27/9) lalu, telah menghanguskan sekitar 270 hektar. 

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, mengatakan kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Ampel, Boyolali hingga kini belum berhasil dipadamkan.  

Titik api yang semula diketahui di kawasan hutan diatas Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel itu terus merembet ke Utara. Kebakaran telah menghanguskan vegetasi hutan di atas wilayah Desa Sampetan, Ngadirojo dan Ngargoloko, Kecamatan Ampel. Selain kebakaran kawasan hutan di wilayah Kecamatan Ampel, Boyolali, saat ini diketahui juga terdeteksi titik api di kawasan hutan di wilayah Wekas di Kabupaten Magelang dan wilayah Tekelan di Kabupaten Semarang. “Api sudah merembet di wilayah Wekas dan Tekelan,” kata Kurniawan Fajar Prasetyo yang juga Komandan SAR BPBD Boyolali ini Senin (5/10).

Menurut dia, luas hutan yang terbakar hingga kemarin telah mencapai sekitar 270 hektar. Selain itu, api sudah merambah ke kawasan hutan lindung dan lahan pertanian warga. Pasalnya, api juga merembet ke bawah. Medan yang berat hingga kurangnya logistik membuat upaya pemadaman menjadi semakin berat. 

Dari pantauan, kepulan asap tebal masih terlihat di lereng Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Ampel. Kepulan asap terlihat dari sejumlah titik. 

Sementara itu personil gabungan dan relawan kini masih berupaya menjinakkan si jago merah. Kabid Kedaruratan BPBD Boyolali, Purwanto, mengatakan akan menyiapkan kebutuhan logistik yang diperlukan untuk mendukung upaya pemadaman. (MJ-07)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

21 − = 16

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.