Kebakaran Hutan Bukan Bencana Nasional

image
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) Siti Nurbaya saat berada di Kota Solo, Sabtu (17/10) pagi. (Metrojateng.com/Raditya Erwiyanto)

SOLO- Meski kasus terbakarnya hutan di berbagai wilayah Indonesia sudah dikeluhkan masyarakat, namun pemerintah belum juga menetapkan hal ini sebagai bencana nasional. Padahal asap yang ditimbulkan dari terbakarnya hutan tersebut, sudah merenggut sejumlah nyawa.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) Siti Nurbaya menilai penetapan tersebut belum dilakukan. Mengingat sampai saat ini masih ada upaya dilakukan pemadaman.
 
“Kemarin kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak DPR, berdasarkan beberapa pertimbangan yang ada, kita belum tetapkan itu sebagai bencana nasional,” akunya saat berada di Solo, Sabtu (17/10) siang.
 
Di lain sisi ia meminta kepada pihak terkait, jangan mengungkapkan hal tidak benar kepada masyarakat, karena akan semakin membuat masyarakat cemas.
 
“Jangan membuat pernyataan-pernyataan yang belum tentu benar, karena hanya akan membuat masyarakat cemas. Toh kami nyatanya juga tak tinggal diam, kami terus berupaya melakukan pemantauan dan penanganan. Ini harus dipahami,” pintanya.
 
Ketika disinggung sejauh mana upaya yang dilakukannya sampai saat ini, ia mengaku terus melakukan penyiraman, agar gambut-gambut basah hingga ke rongganya. Sehingga jika yang dibawah apinya padam, yang di atas juga ikut padam.
 
“Kita fokus pemadaman bara api yang ada di bawah dahulu, karena kalau kita hanya melakukan pemadaman di atas saja, bara api yang di bawah masih bisa membesar dan membakar lahan,” katanya. (dit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

2 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.