Kawasan Lereng Merbabu Diguyur Hujan Es, Warga Ketakutan

Selain terjadi hujan es, di desa tersebut juga ada pohon tumbang yang menimpa rumah milik Gimo (60).

MAGELANG – Kawasan lereng Gunung Merbabu di Dusun Klebengan Desa Tempak Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, diguyur hujan es sekitar 10 menit, Senin (8/4/2019). Hujan es yang disertai petir ini membuat warga ketakutan.

Pohon Duku yang ada di desa Tempak kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang tumbang setelah kawasan itu diguyur hujan, Senin (8/4/2019). Foto: metrojateng.com/dok BPBD Kabupaten Magelang

Kepala Dusun Klebengan, Tonjo Kurniawan mengatakan, saat hujan es mengguyur kawasan ini, ia masih berada di Kantor Desa sekitar pukul 14.30. “Bunyinya ‘klothak-klothak’ menimpa papan nama desa,” katanya.

Ia mengatakan, sebelum diguyur hujan es,  cuaca di desanya cukup panas dan berangsur gelap yang disertai angin. Setelah itu hujan turun namun ternyata ada esnya dengan butiran kecil-kecil. “Hujan es jatuh di teras, namun ada masuk ruangan juga,” ujarnya.

Kendati demikian, tidak ada laporan kerusakan akibat guyuran hujan es. Hanya saja, beberapa warga mengaku merasa ketakutan dengan guyuran hujan es ini.

“Saya sempat takut dengar bunyi ‘klothak-klothak’ yang menimpa atas seng di bagian dapur,” kata Suluh, salah satu warga.

Selain terjadi hujan es, di desa tersebut juga ada pohon tumbang yang menimpa rumah milik Gimo (60). Pohon yang tumbang merupakan pohon duku yang berada di samping rumah.

Saat kejadian, pemilik rumah sedang mengusung durian di luar. “Hanya ada anak di dalam rumah, alhamdullilah, tidak kenapa-kenapa,” katanya.

Pohon duku itu menimpa rumah bagian dapur hingga mengenai genteng rumah bagian utama. Hal itu menyebabkan banyak genteng yang hancur.

Warga secara spontan melakukan gotong royong memotong pohon yang menimpa rumah. Warga dibantu personel BPBD Kabupaten Magelang, sehingga pekerjaan memotong cepat selesai. (MJ-24).

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.