Karnaval Kendal Pindah ke Weleri

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dalam dalam Kendal Culture Heritage Carnival tahun 2014. (foto: metrojateng.com)

KENDAL – Karnaval pembangunan tingkat Kabupaten Kendal tahun 2017 dipindahkan ke Weleri. Pelaksanaannya juga tidak siang hari, melainkan malam hari dengan rute pusat kota Weleri. Dalam karnaval Kendal ini lima kabupaten/kota di Jateng bakal berpartisipasi mempertontonkan seni pertunjukan rakyat Sabtu, 2 September 2017 mendatang. Lima kabupaten/kota itu adalah Kota Pekalongan, Magelang, Kabupaten Batang, Banyumas, dan Purworejo.

Ketua Panitia Karnaval Kendal, Agus Rifai seusai memimpin rapat koordinasi persiapan karnaval di Kantor Kecamatan Weleri, Rabu (23/8) mengatakan, peserta karnaval diperkirakan mencapai lebih dari 1.000 orang. Karnaval akan digelar malam hari dengan rute mulai dari depan Lapangan Sepak Bola Sambongsari hingga pertigaan Jalan Weleri – Sukorejo. Panggung kehormatan berada di depan Pasar Weleri.

“Karnaval kami konsep luar biasa dengan beragam cahaya lampu sesuai tema karnaval  yakni Binar Sinar Kendal. Kota Weleri malam itu akan kami buat bercahaya dengan beragam permainan lampu. Warga di sepanjang rute juga akan turut berpartisipasi memeriahkan karnaval. Di sana juga akan diberi lampion,” tuturnya.

Dia mengatakan, peserta karnaval dari Kabupaten Kendal maupun kabupaten/kota lainnya akan menampilkan kesenian tradisional masing-masing daerah. ‘’Peserta juga akan menampilkan atraksi di depan panggung utama dengan waktu maksimal tiga menit,’’ jelas dia.

Camat Weleri, Marwoto, mengapresiasi atas dipilihnya Kecamatan Weleri sebagai lokasi karnaval tingkat kabupaten. Pihaknya akan berusaha menjadi tuan rumah sebaik mungkin, sehingga tidak mengecewakan pengunjung. ‘’Karnaval itu tentu akan mengangkat nama Kecamatan Weleri di tingkat Jateng maupun nasional,’’ katanya.

Kapolsek Weleri AKP M Alan Haikel, mengatakan, terkait pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas, pihaknya akan kembali menggelar rapat bersama instansi terkait, termasuk Satlantas Polres Kendal dan Dinas Perhubungan. Selain itu juga akan melakukan razia minuman keras, sehingga sewaktu kegiatan karnaval, tidak terdapat gangguan masyarakat. ‘’Penggal-penggal jalan di sepanjang rute karnaval akan kami tutup. Kami juga akan membahas tentang parkir kendaraan pengunjung, termasuk melibatkan karang taruna setempat,’’ tuturnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

77 − = 73

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.