Kapolda Tegaskan Pilkada di Jateng Berlangsung Aman

MAGELANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayahnya aman dan lancar. Hanya satu wilayah yang terindikasi terjadi money politic.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono meninjau pelaksanaan coblosan di Srumbung Kabupaten Magelang. Foto: ch kurniawati

Condro Kirono memantau pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng serta pilbup/wakil bupati Magelang, di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Ngargosoka Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Rabu (27/6). “Saya ingin memberi semangat dan memastikan pelaksanaan pilkada di sini berlangsung aman dan lancar,” ujarnya di sela-sela peninjauan.

Ia melihat warga di lereng Merapi sudah terbiasa dengan keadaan gunung yang kini berstatus waspada. Warga sudah sering mendapat pembinaan dari BPBD setempat.

Ia juga menyatakan, pelaksanaan pilkada di seluruh Jateng berlangsung lancar. Kendati secara umum lancar, namun ia tetap mengakui ada satu kabupaten yang dilaporkan terjadi dugaan money politic, yakni di Kabupaten Temanggung. Temuan itupun sudah langsung ditangani dan dilaporkan ke panitia pengawas pemilu.

Terkait netralitas Polri dan TNI, Kapolda juga memastikan, semua anggota Polri di Jateng netral. Pihaknya juga sudah membuka akses kepada warga untuk melaporkan bila ada nggota Polri ataupun TNI yang terindikasi tidak netral. Warga juga bisa melaporkan ke Polres, Polda, kodim atau sampai kodam, bila menemui ada Polri dan TNI yang tidak netral.

Di Kota Magelang, Wali Kota, Sigit Widyonindito mengapresiasi pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng yang berlangsung lancar dan kondusif. Ia melihat antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti pesta demokrasi  ini.

“Tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan pilgub hari ini. Semua berjalan baik dan sesuai rencana. Masyarakat juga semangat datang ke TPS,” katanya di sela meninjau TPS 15 Kedungsari.

Ia meninjau bersama rombongan forkompimda dan wakil walikota Dra Windarti Agustina. Turut mendampingi ketua DPRD Budi Prayitno.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengaku, selama proses pencoblosan di wilayah Kota Magelang dari pagi sampai siang hari tidak ada laporan terjadinya masalah di lapangan. Pihaknya pun menjamin keamanan tetap terjaga dengan baik. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

22 − = 20

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.