Kapal Tujuan Bangka Belitung Tenggelam di Perairan Jepara

?

JEPARA – Kapal motor (KM) Aprilia Jaya tujuan Bangka Belitung tenggelam di perairan laut Jepara. Kapal yang berlayar dari dermaga Kartini Jepara itu, Semula kapal hendak singgah di Karimunjawa.  Baru menempuh pelayaran sejauh 6 mil dari dermaga Kartini, kapal dihantam gelombang.

Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto menyampaikan, nahkoda KM Aprilia berlayar dari dermaga Kartini Jepara, Jawa Tengah, menuju Bangka Belitung tanpa mengantongi surat persetujuan berlayar (SPB). Pada Selasa 3 Dsember 2017, nahkoda kapal sudah mengajukan SPB. Hanya saja syahbandar tidak mengeluarkan. Sebab, kondisi gelombang di perairan Jepara tinggi.

“SPB hanya berlaku selama 24 jam. Jadi, kalau hari ini berlayar berarti tidak mengantongi SPB dan kalau mengajukan SPB untuk hari ini pasti tidak saya setujui karena gelombang tinggi,” ujar Suripto, Kamis (5/1/2017).

Ditambahkan Suripto, kapal yang dinahkodai Fahrul Huda berlayar dari Jepara mengangku barang bahan bangunan. Itu seperti semen dan besi. Serta mengangkut garam dan gas elpiji juga mebel.

“Sampai saat ini belum diketahui titik koordinat tenggelamnya. Kapal beserta muatannya tenggelam,” kata Suripto.

Beruntung, saat nahkoda beserta istri dan 4 anak buah kapal berhasil selamat. Itu setelah terombang-ambing di tengah laut dan diselamatkan nelayan yang kebetulan melintas mencari ikan. (oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.