Kapal Pengangkut BBM Meledak Saat Berlayar ke Karimunjawa

Drum berisi BBM tersebar di perairan Laut Jawa setelah kapal pengangkut BBM meledak di tengah pelayaran.
?

KARIMUNJAWA – Sebuah kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dan sayuran meledak saat hendak berlayar menuju Kepulauan Karimunjawa. Kejadian pada Jumat (31/3), membuat empat orang mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“Semua personel masih menangani para korban sekaligus membantu aparat kepolisian mengindetifikasi pemicu kebakaran, apakah human error atau ada unsur lainnya,” ungkap Zulhawary Agustianto, Juru Bicara Basarnas Jawa Tengah kepada metrosemarang.com.

Semua warga dibantu nelayan serta apara kepolisian saat ini, lanjut Zul bahu-membahu mengevakuasi barang-barang yang tercebur ke laut.

Informasi yang dihimpun kapal nahas itu meledak di Pelabuhan Ngemplak Jobokuto Jepara. Saat kejadian, kapal bernama Jasa Laut tersebut hendak dihidupkan mesinnya oleh seorang anak buah kapal (ABK).

Abdul Rosyid nama ABK yang dimaksud hendak menghidupkan mesin kapal. Tapi, upayanya yang pertama gagal. Ia lalu mencoba menghidupkan lagi namun percikan api justru muncul dan langsung menyambar seisi kapal.

Kobaran api kian membesar karena kemungkinan besar terdapat BBM yang tumpah di dalam kapal. Kapal seketika meledak dan terbelah jadi dua bagian. Semua bodi kapal kini sudah tenggelam di dasar laut.

“Kami perkirakan di dalamnya terdapat tumpahan cairan bahan bakar sehingga memicu konsleting listrik,” sahut Whisnu Yugo Utomo anggota tim penyelamat di Jepara.

Empat orang yang terluka yaitu Mohammad Arifin, Bambang, A Bayuri dan Abdul Rosyid. Tiga di antaranya dibawa ke RSUD RA Kartini dan seorang lagi dilarikan ke RS Graha. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

79 + = 83

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.