Kanwil Kemenag Jateng Luncurkan Portal Pembelajaran e-link PAI Jateng

Kegiatan Konsinyering Penyelesaian Pembayaran TPG PAI Non PNS Tahun 2020 di Hotel Grand Wahid Salatiga.

SEMARANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Mustain Ahmad memberikan apresiasi kepada Bidang Pendidikan Agama Islam yang telah membuat program e-link PAI Jateng sebagai salah satu amalan unggulan.

Hal ini disampaikan pada saat kegiatan Konsinyering Penyelesaian Pembayaran TPG PAI Non PNS Tahun 2020 di Hotel Grand Wahid Salatiga yang berlangsung pada Senin – Rabu, 16-18 Nopember 2020.

“saya sampaikan terima kasih dan selamat kepada bapak Imam Buchori yang telah membuat amalan unggulan berupa e-link PAI Jateng,” ungkapnya saat memberikan pengarahan dalam kegiatan.

Di sela-sela kegiatan Imam Buchori menyampaikan bahwa Inovasi pendidikan perlu selalu dikembangkan. Apalagi pada masa pandemi covid-19 saat ini berbagai upaya untuk memudahkan keberlangsungan layanan pendidikan bagi masyarakat harus selalu ditingkatkan.

Dunia pendidikan yang sangat terasa terkena dampak covid seperti saat ini sangat diperlukan fasilitas sarana pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang representative yang berbasis online.

‘’Kami buat portal pembelajran PAI yang diberi nama e-link PAI jateng”, terang Imam Buchori yang saat ini menjabat Kepala bidang Pendidikan Agama Islam.

Imam Buchori selaku Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam menyampaikan bahwa portal ini dibuat untuk memfasilitasi Guru PAI dalam melaksanakan tugas mengajar dan bagi pengawas PAI dalam rangka melaksanakan supervisi pendidikan pada sekolah binaannya.

Selain itu layanan ini juga diperuntukan bagi peserta didik agar mudah dalam belajar khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena tidak dibatasi tempat dan waktu.

Dia menambahkan guru PAI maupun peserta didik pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK dapat mengakses layanan pembelajaran daring ini. Portal ini dikembangkan untuk pembelajaran yang interaktif dan menarik sangat cocok digunakan oleh para guru agar proses pembelajaran tidak menjenuhkan. Fitur-fitur interaktif seperti menu diskusi, fasilitas teleconference untuk guru dan peserta didik dapat tersedia pada portal ini.

Dengan demikian pembelajaran PAI tatap muka dikelas yang terbatas pada tiga jam pelajaran akan teratasi dengan sistem pembelajaran yang dikembangkan ini. Sehingga peserta didik dapat belajar kapan saja dan dimana hanya berbekal gawai yang dimilikinya.

‘’Menggunakan aplikasi ini akan terjadi konektivitas pembelajaran tanpa batasan jarak. Konektivitas peserta didik dan guru serta guru dengan pengawas dapat berlangsung setiap saat,’’ tegasnya.

Selain itu, guru juga dapat melakukan manajemen kelas secara online seperti mengelola kelas, membuat jadwal pembelajaran, membuat RPP, memposting materi ajar, juga dapat memposting karya berupa modul dan video pembelajaran digital.

Ditambahkan, tidak kalah menariknya portal ini juga dilengkapi dengan fitur evaluasi pembelajaran. Guru juga dapat membuat berbagai model untuk melakukan evaluasi pembelajaran seperti membuat soal multiple choice, soal uraian, atau tugas review pustaka.

Portal e-link PAI Jateng ini juga didukung dengan tersedianya buku digital baik berupa buku mata pelajaran, buku referensi keagamaan Islam serta video pembelajaran. Sehingga guru  maupun peserta didik dalam melaksanakan literasi dapat dilakukan secara digital.

‘’Kedepan portal e-link PAI Jateng akan dikembangkan secara lebih baik menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan oleh para guru maupun peserta didik,’’ ujar Imam Buchori.

Saat ini juga sedang dikembangkan agar portal e-link PAI Jateng dapat terhubung dengan aplikasi SIAGA agar dapat membaca administrasi pertanggungjawaban kinerja GPAI dan pengawas dalam melaksanakan tugas.

‘’Harapannya hadirnya portal e-lik PAI Jateng ini dapat membantu sekolah-sekolah dalam penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam khususnya di Jawa Tengah. Masyarakat bisa mengakses portal layanan pembelajaran PAI ini pada alamat : elinkpaijateng.com,’’ pungkasnya.*

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.