Kanwil DJP Jateng I Sediakan Layanan Komunikasi Bagi Masyarakat

Kunjungan- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil ) DJP Jateng Suparno, (tiga dari kiri) saat berbincang-bincang dengan jajaran Ombudsman perwakilan Jateng, selasa, ini. (tya/ist)

 

SEMARANG,METROJATENG.COM- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jateng I, guna  meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, KPP dan KP2KP di wilayahnya menyediakan saluran komunikasi seperti email, telepon dan pesan instan (chat). Nomor telepon selular seluruh Account Representatif juga dapat dihubungi melalui saluran WhatsApp ketika wajib pajak membutuhkan layanan konsultasi online.

Menurut Ka Kanwil DJP I Jateng Suparno, selain saluran komunikasi ada opsi lainnya, jika wajib pajak membutuhkan layanan konsultasi secara tatap muka dapat membuat janji terlebih dahulu melalui saluran komunikasi yang disediakan unit kerja terkait. Pelaksanaan layanan tatap muka yang dilakukan petugas layanan di unit-unit kerja di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah I selalu memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan, seperti penggunaan masker, face shield, dan/atau sarung tangan, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanytiser yang disediakan oleh unit-unit kerja di wilayah Kanwil DJP Jateng I, menjaga jarak aman, serta tidak melakukan jabat tangan dengan wajib pajak atau pengunjung lainnya.

“Wajib Pajak maupun tamu lain yang datang ke KPP atau KP2KP untuk melakukan konsultasi secara tatap muka atau pelaksanaan tugas lain, wajib mengikuti seluruh prosedur pencegahan Covid-19, sesuai ketentuan berlaku,” jelas Suparno yang didampingi Sony Zuliyanto Kabag Umum Kanwil DJP Jateng I usai mengunjungi Kantor Ombudsman , Selasa ini.

Kedatangan Kanwil DJP Jateng I ke kantor Ombudsman, selain itu silaturami juga untuk menjalin kerjasama dalam peningkatan mutu layanan sehingga tercapai layanan prima bagi masyarakat. Dijelaskan Suparno sejak dibukanya Layanan Tatap Muka di Direktorat Jenderal Pajak pada pertengahan 15 Juni 2020, seluruh KPP dan KP2KP di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah I secara serentak membuka kembali layanan tatap muka. Namun beberapa jenis layanan  pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak, pelaporan SPT. permohonan Surat Keterangan Fiskal, Validasi Pembayaran PPh Final PHTB, layanan terkait EFIN, VAT Revund for Tourist masih dilakukan secara online melalui laman www.pajak.go.id/

Selain itu untuk  melindungi pegawai dari resiko terpapar covid-19, Kanwil DJP Jawa Tengah I melakukan penyesuaian waktu atau penjadwalan pegawai bekerja dari kantor (Work From Office) dan pegawai bekerja dari rumah (Work From Home) di lokasi pegawai ditugaskan. Sesuai dengan panduan peraturan pelaksanaan bekerja dari kantor dan bekerja dari rumah, dalam masa pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, maka pegawai yang WFO maupun yang WFH 50% dengan jadwal yang diatur dan disusun oleh kepala unit kerja masing-masing.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida memberikan beberapa masukan kepada Suparno demi perbaikan dan peningkatan layanan publik ,sehingga akan menciptakan citra Direktorat Jenderal Pajak yang lebih baik dimata masyarakat pada umumnya dan wajib pajak pada khususnya. Sedangkan terkait dengan kenormalan baru serta dalam rangka kepatuhan terhadap protokol kesehatan, Farida mendorong agar Kanwil DJP Jateng I untuk berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah.(tya)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.