Kantor Kecamatan Tarub Ludes Terbakar

Semua dokumen penting seperti akta kelahiran dan sertifikat tanah, serta arsip-arsip PBB tak sempat diselamatkan.

TEGAL – Kebakaran hebat menghanguskan Kantor Kecamatan Tarub di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (13/11/2019) malam. Seluruh ruangan, termasuk ruang perekaman KTP Elektronik dan dokumen-dokumen penting, ludes dilalap api.

Api melalap ruang kerja Sekcam yang juga digunakan untuk menyimpan berkas-berkas penting. Foto : metrojateng.com/ adithya

Kebakaran ini pertama kali diketahui sekitar pukul 19.30 WIB, dimana titik api pertama muncul dari Ruang Paten yang digunakan untuk perekaman KTP Elektronik dan data kependudukan.

Penjaga kantor dibantu beberapa warga berupaya memadamkan api di Ruang Paten namun tidak berhasil, karena api sudah terlanjur besar. Api dengan cepat membesar merembet ke ruangan lain. Sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

“Api berawal dari ruang Paten (layanan KTP), lalu merambat ke ruangan lainnya. Kejadiannya persis setelah azan isya,” kata Nursaid, perangkat Kecamatan Tarub.

Dalam sekejap sambung Nursaid, delapan ruangan hangus dilalap si jago merah, yakni ruang pelayanan perekaman Ktp Elektronik, ruang pelayanan PBB, ruang kerja Camat dan Sekcam, ruang seksi pemerintahan desa serta ruang sekretariat PKH dan penyuluh Pertanian.

“Semua dokumen penting seperti akta kelahiran dan sertifikat tanah, serta arsip-arsip PBB tak sempat diselamatkan,” imbuh Nursaid.

Api baru dapat dipadamkan total sekitar pukul 22.00 WIB. Akibat kebakaran ini, kantor kecamatan praktis tak bisa dipakai, karena bangunan berikut isinya hangus dilalap api. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polisi, namun dugaan sementara akibat hubungan arus pendek listrik. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.