Kantor Imigrasi Solo Siap Terbitkan Paspor Elektronik

Tunggu Instruksi Pusat

Selain Solo, terdapat 17 daerah telah ditunjuk untuk melakukan penerbitan e-Paspor.

SOLO – Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta siap membuka layanan penerbitan paspor elektronik (e-Paspor). Semua fasilitas sudah disiapkan dan hanya menunggu instruksi dari pusat.

Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta. Foto: metrojateng.com

“Kami di 2019 akan dilaksanakan elektronik paspor, cuma tanggalnya belum tahu kapan,” Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta, Said Ismail, Sabtu (5/1/2019).

Menurutnya, penerbitan e-Paspor diperluas ke beberapa daerah. Hal ini dilakukan mengingat animo masyarakat untuk pembuatan e-Paspor di Indonesia terbilang tinggi. Selain itu, paspor elektronik sudah sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO).

Selain Solo, terdapat 17 daerah telah ditunjuk untuk melakukan penerbitan e-Paspor. Di antaranya, Kantor Imigrasi Medan, Ngurah Rai, Manado, Balikpapan, Malang, Tanjung Perak, Makassar, Polonia, Tangerang, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Banda Aceh, Jayapura, Depok, dan Bekasi.

Sebelumnya layanan e-Paspor hanya bisa dilayani di Kantor Imigrasi Batam, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Soekarno Hatta, Tanjung Priok, dan Surabaya.

Said menambahkan, penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta dinilai cukup tinggi, yakni sebanyak 57.490 di tahun 2018. Jumlah tersebut naik 51 persen bila dibandingkan tahun 2017 sebanyak 41.888 paspor.

“Kalau dilihat dari data terjadi kenaikan, hal ini karena banyak masyarakat yang membuat paspor untuk melakukan umrah,” imbuh Said Ismail. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.