Kangen Barongan, Kesenian Khas Kendal Dipentaskan di Batam

Pemkab Kendal akan meminta Pemkot Batam menyediakan lokasi untuk pusat jajanan dan makanan Kendal

KENDAL – Pentas seni dan budaya Kendal yang menampilkan kesenian barongan disambut antusias warga Kendal yang merantau di Kota Batam Kepulauan Riau. Rencananya selain kesenian dan budaya Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal akan mendirikan pusat jajanan khas Kendal di Batam.

Bupati Kendal Mirna Annisa menerima kain khas Batam saat hadir di pentas seni dan budaya Kendal di Kota Batam Sabtu (24/11) lalu. Foto: dokumen Kominfo Kendal

Harapan untuk bisa melihat langsung kesenian tradisional Kendal ini terwujud saat Pemkab Kendal menggelar pentas seni dan budaya Kendal di Kota Batam, Sabtu (24/11/2018).

Meski hanya tampil satu jam, kesenian jaranan dan barongan yang dimainkan seniman Kendal ini mampu mengobati kerinduan ribuan warga Kabupaten Kendal yang tinggal di Kepulauan Riau.

“Biasanya kalau pengin lihat barongan cari di youtube atau dapat kiriman dari keluarga di Kendal,” ujar Rusmani warga Weleri yang tinggal di Batam.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, pentas seni dan budaya ini selain kerjasama dengan pemerintah kota Batam juga untuk menghibur warga Kendal yang merantau.

“Harapannya dengan pentas seni dan budaya Kendal ini warga yang kangen dengan kesenian khas Kendal ini bisa terobati dan terus mengembangkan kesenian dan budaya Kendal meski berada di luar,” tegasnya.

Tidak hanya itu Pemkab Kendal akan meminta Pemkot Batam menyediakan lokasi untuk pusat jajanan dan makanan Kendal. “Tidak hanya kesenian saja yang dikangeni warga Kendal disini, jajanan dan makanan juga. Untuk itulah saya meminta ada kerjasama dengan Pemkot Batam untuk menyiapkan lokasi pusat jajanan Kendal,” imbuh bupati.

Sementara itu Ketua Keluarga Besar Kendal (IKBK) Kota Batam Joko Mulyono menyambut baik kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan. “Saya sendiri sangat berharap kesenian dan budaya Kendal tetap dilestarikan warga kendal yang ada di batam dan Kepulauan Riau,”  ujar Joko yang juga Ketua Komisi 4 DPRD Kota Batam.

Dalam pentas seni dan budaya Kendal ini ditampilkan juga kesenian dari Batam sebagai wujud kerjasama warga Kendal yang di Batam tetap melestarikan kesenian asal dan kesenian dari Melayu. Hadir dalam pentas seni dan budaya ini Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Wali Kota Batam dan anggota DPRD Kota Batam yang merupakan warga asli Kendal. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.