Kandaskan PS Tira, PSIS Melesat ke 10 Besar

Kegemilangan Jandia di bawah mistar menggagalkan peluang-peluang tuan rumah

BANTUL – PSIS melanjutkan tren positif dengan memetik poin penuh di markas PS Tira, Rabu (17/10/2018). Gol tunggal Bruno Silva memastikan Mahesa Jenar menang tipis 1-0, sekaligus membawa mereka ke peringkat 10.

PSIS mengalahkan PS Tira lewat gol tunggal Bruno Silva. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Bertanding di Stadion Sultan Agung Bantul, tuan rumah mencoba mengendalikan permainan sejak awal laga. Menit kedua Ahmad Nufiandani memberi ancaman ke gawang PSIS. Sepakannya mengarah tepat ke pelukan Jandia Eka Putra.

Lima menit kemudian giliran Jeon Wooyoung menguji Jandia. Lagi-lagi eksekusinya juga masih mengarah ke kiper.

Susunan PemainPS Tira 4-2-3-1: Angga Saputro–Mahdi Albaar, Didik Wahyu, Abu Bakr Radanfah, Kasim Slamat; Izmy Hatuwe, Manahati Lestusen; Jeon Wooyoung, Dzmitry Rekish, Ahmad Nufiandani; Aleksandar Rakic

PSIS 4-1-4-1: Jandia Eka Putra–Safrudin Tahar, Rio Saputro, Fauzan Fajri, Gilang Ginarsa; Muhammad Yunus; Bayu Nugroho, Ibrahim Conteh, Nerius Alom, Hari Nur Yulianto; Bruno Silva

 

PSIS baru mendapat peluang pertama di menit 10. Tendangan bebas Bruno Silva dari sisi kanan pertahanan PS Tira disambar heading Fauzan tapi masih melenceng.

Selepas 15 menit, PS Tira makin mendominasi permainan. Menit 18 tuan rumah memiliki kans melalui Aleksandar Rakic. Tapi Jandia sigap mengamankan gawang.

Jandia membuat penyelamatan penting di menit 20. Meneruskan sepak pojok Nufiandani, Rakic berhasil melepaskan sundulan di mulut gawang, namun bola mampu ditepis Jandia. Top skor PS Tira itu kembali mengancam di menit 22. Heading Rakic lagi-lagi mentah di tangan Jandia.

Percobaan Dzmitry Rekish di menit 28 juga belum mampu memecah kebuntuan. Sepakannya sempat lepas dari tangkapan Jandia dan bola rebound gagal dimaksimalkan Rakic.

Terus ditekan, PSIS justru mampu mencuri gol di menit 42. Ibrahim Conteh menusuk hingga ke kotak penalti dan diakhiri dengan umpan mendatar ke mulut gawang. Bola gagal disapu oleh Abu Bakr Radanfah dan langsung disontek Bruno Silva untuk memberi keunggulan Mahesa Jenar.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik tuan rumah. Namun sepakan Nufiandani tipis di sisi kiri gawang. Babak pertama ditutup dengan skor 0-1 untuk keunggulan PSIS.

Manahati Lestusen cs tampil menekan untuk mencari gol penyama. Setidaknya ada tiga peluang yang dihasilkan anak asuh Nilmaizar di awal babak kedua, tapi tak satupun berujung gol. Salah satunya di menit 56. Ahmad Nufiandani gagal memaksimalkan umpan Rekish. Sepakannya bisa diblok Jandia.

Percobaan Hari Nur di menit 60 belum mampu menambah keunggulan. Sepakannya melesat di atas mistar. Jandia kembali menjadi penyelamat PSIS ketika mementahkan sepakan jarak dekat Dzmitry Rekish di menit 78.

PS Tira terus mengurung pertahanan PSIS. Namun kegemilangan Jandia di bawah mistar menggagalkan peluang-peluang tuan rumah. Termasuk menepis peluang terakhir PS Tira lewat Jeon Wooyoung di pengujung pertandingan.

Keunggulan PSIS bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini mengerek posisi PSIS ke peringkat 10 dengan perolehan 33 poin menggusur Persela Lamongan.

Hasil tersebut meneruskan tren positif armada besutan Jafri Sastra. Dalam empat laga terkini, mereka belum pernah kalah dengan torehan tiga kemenangan dan sekali seri. Selanjutnya Hari Nur dkk bakal menjamu Sriwijaya FC, Selasa (23/10) pekan depan. (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.