Kampanye Pakai Media Kartun Dinilai Efektif Tangkal Hoax

Yang dibutuhkan kampanye yang sejuk dengan menyampaikan pikiran dan membangun ide

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kampanye Pemilu serentak 2019 bisa berjalan damai. Salah satu upayanya dengan menyampaikan pesan-pesan visi-misi melalui media kartun.

Ganjar Pranowo saat mengunjungi Gedung Monod Diephuis Kota Lama untuk hadir dalam kegiatan menggambar yang diikuti komunitas pelukis di Semarang. Foto: metrojateng.com/fariz fardianto

Menurutnya gambar kartun bisa memiliki banyak konten sebagai media komunikasi sosial dan politik.

“Kita ingin semua kontestasi kampanye parpol sampaikan pesan lewat kartun. Dengan gambar tersebut nantinya langsung mengena dan memberikan inspirasi bagi pengambil kebijakan atau pejabat publik. Jadi cukup dituangkan dalam sindiran gambar dan masyarakat bisa menginterpretasikan sendiri,” kata Ganjar usai ikut deklarasi Pemilu Damai di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Minggu (23/9/2018).

Tiap caleg maupun pasangan calon presiden di tahun depan bisa menggunakan kartun untuk menuangkan kritik maupun saran untuk pemerintah. Dengan begitu, katanya pesan yang disampaikan bisa mengena di hati masyarakat luas.

“Yang dibutuhkan kampanye yang sejuk dengan menyampaikan pikiran dan membangun ide,” tambahnya.

Pemanfaatan kartun, katanya juga menjadi sarana menangkal hoax yang beredar tiap pemilu.

“Cara inilah yang praktis digunakan pada kampanye Pilpres, Pileg dengan begitu tanpa adanya serangan fisik, Jateng pada kampanye bisa aman terkendali,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.