KAI Daop 4 Identifikasi Rel Rawan Banjir

KAI berkoordinasi dengan BMKG untuk terus memantau cuaca guna antisipasi banjir.

SEMARANG- Memasuki awal musim penghujan, PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang mengidentifikasi enam titik jalur perlintasan kereta api di wilayahnya yang rawan
terendam banjir.


Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita bersama jajarannya memeriksa rel Stasiun Pekalongan-Stasiun Semarang Tawang, Rabu (31/10/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, lokasinya berada di Pekalongan, sekitar Stasiun Semarang Tawang hingga dekat Stasiun Alastua Pedurungan.

“Paling banyak di Pekalongan, lalu sekitar Semarang Tawang dan Alastua. Di situ juga ada potensi longsornya,” kata Suprapto di sela pengenalan komik Si-Loko di pelataran Stasiun Semarang Tawang, Rabu (14/11/2018).

Potensi banjir di lokasi itu, kata dia, cukup besar mengingat daerah tersebut dilalui aliran sungai yang besar.

“Kami berkoordinasi dengan BMKG untuk terus memperbaharui laporan cuacanya setiap hari,” ujarnya.

Pihaknya saat ini juga mulai menyiagakan sejumlah petugas di semua jalur kereta. Untuk meminimalisir bencana di ruas perlintasan kereta, ia telah menyiapkan AMUS. Mulai peralatan crane dan alat peninggian rel juga disiapkan di lokasi yang strategis.

“Termasuk menaruh karung berisi batu, pasir di lokasi rawan bencana. Semuanya sudah dimasukan gerbong, tinggal diangkut jika banjir muncul tiba-tiba,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.