Kades dan Perangkat Desa Boyolali Desak Bupati Maju Lagi

Sejumlah kades dan perangkat desa desak Bupati Boyolali incumbent, Seno Samodro, untuk kembali mencalonkan diri dalam bursa pilkada akhir tahun ini. (Metro Jateng/MJ-07)
Sejumlah kades dan perangkat desa desak Bupati Boyolali incumbent, Seno Samodro, untuk kembali mencalonkan diri dalam bursa pilkada akhir tahun ini. (Metro Jateng/MJ-07)

BOYOLALI – Ratusan kepala desa (Kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Boyolali mendatangi rumah dinas bupati, Senin (1/6) siang. Mereka mendesak Bupati Seno Samodro, untuk maju lagi dalam Pilkada Boyolali 2015.
Dalam aksi itu, mereka juga membentangkan dua spanduk bertuliskan, “Ola Seno Ola Obos, Pokok’e Seno Bupati” dan “Gelem Ora Gelem Seno Kudu Gelem Dadi Bupati Neh!”

Ada sekitar 420 perangkat desa dan kepala desa yang datang. Mereka berkumpul di Pendopo Alit rumah dinas Bupati. Kades Potronayan, Kecamatan Nogosari, Sugeng, mengemukakan para kades dan perangkat desa memiliki satu tekad, tidak terkotak-kotak dan kompak meminta supaya Seno mau maju lagi dalam Pilkada yang direncanakan 9 Desember 2015 mendatang.

Desakan tersebut bukannya tanpa dasar. Di bawah kepemimpinan Seno, mereka merasakan adanya pembangunan di mana-mana. Alokasi Dana Desa (ADD) juga terus naik, sehingga desa bisa terus melakukan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Senada, Kades Ngadirojo, Kecamatan Ampel, Haryoko, menyatakan berdasarkan kenyataan di lapangan, masyarakat Boyolali menghendaki Seno untuk maju lagi. Bahkan banyak pengusaha dan investor yang berlokasi di desanya, sudah menemui dirinya dan memberi dukungan untuk Seno.

Winarto, Kadus dari Kecamatan Juwangi menyatakan aspirasi ini murni, tidak ada rekayasa. Dia juga mengaku mewakili aspirasi masyarakat Kecamatan Juwangi, Kemusu, Karanggede, dan Wonosegoro, meminta Seno mau dicalonkan kembali.

“Gelem ora gelem, Pak Seno kudu nyalon Bupati. Kalau Pak Seno sayang Juwangi, sayang Boyolali, harus mau maju kembali,” ujar dia.

Dukungan yang sama dikemukakan Rusdiyono, perangkat desa dari Kecamatan Musuk. Dukungan itu berdasarkan fakta di lapangan dan keberhasilan visi-misi Bupati Seno Samodro. “Kami sepakat untuk mendukung Pak Seno harus maju lagi,” tegas Kaur Desa Pagerjurang ini.

Atas dasar ketokohan, keberhasilan pembangunan dan visi misinya, juga menjadi dasar Kades dan perangkat desa meminta Seno Samodro maju lagi. Kades Sambon, Kecamatan Banyudono, Prayitno, mengemukakan Seno Samodro menjadi figur yang dapat memimpin Boyolali lebih baik. Sehingga mereka bulat menyatakan dukungan dan meminta Seno Samodro mau memimpin kembali Boyolali lima tahun ke depan.

Seno pun akhirnya muncul menemui para kades dan perangkat desa itu. Mengawali tanggapan atas desakan perangkat desa itu, Seno langsung menanyakan apakah aksi itu murni atau rekayasa. Namun dalam kesempatan itu, Seno tidak menyatakan secara gamblang apakah bersedia maju lagi atau tidak.
“Saya sudah bicara dengan Paryanto (Ketua DPC PDIP Boyolali). Sudah saya sampaikan jawabannya ke Paryanto. Jadi jawabannya ada di Paryanto, silahkan tanyakan ke dia,” jelas Seno.

Panjang lebar yang disampaikan orang nomor satu di Boyolali itu. Seno juga menyatakan sudah ikhlas tidak maju lagi dalam Pilkada mendatang. “Jujur dari pribadi, ora nyait (tidak mau mencalonkan lagi,” katanya.

Namun, melihat perkembangan perpolitikan di Boyolali dan untuk kepentingan yang lebih besar, dirinya merasa tidak ikhlas. Maka, dia mengajak semua masyarakat untuk bersabar. Karena pencalonan Bupati/Wakil bupati ada mekanismenya dan saat ini masih dalam proses di internal partai. Siapa yang akan maju, menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

“Ikuti perkembangan politik, nanti akan muncul jawaban. Mengapa tidak diumumkan sekarang? Lha itu bagian dari strategi politik,” ujarnya.

Rekomendasi dari Partai, menurut dia, nantinya juga tidak akan turun terlalu mepet dengan penutupan pendaftaran calon di KPU. Karena sesuai UU, saat ini rekomendasi calon harus ditandatangani oleh Ketua DPC, ketua DPD (provinsi) dan Ketua DPP. (MJ-07)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 8 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.