Kabut Asap Kalimantan Sampai Semarang?

image
Fenomena mirip kabut asap di Kalimantan melanda kawasan Semarang.

SEMARANG – Warga Semarang digemparkan kemunculan kabut pekat di atas atap rumahnya hari ini, Jumat (23/10). Kabut yang timbul sejak pukul 14.00 WIB siang ini membuat sejumlah warga khawatir bahkan ada yang menduga fenomena ini berhubungan dengan kebakaran hutan yang muncul di Kalimantan.

Heryani Purbasari, warga Jalan Pamularsih Kelurahan Bongsari Semarang Barat mengaku was-was dengan kemunculkan fenomena kabut pekat di atas rumahnya. Kebetulan rumahnya berada di Semarang bagian atas sehingga fenomena kabut ini cukup dirasakannya.

“Barusan saya lihat banyak kabut di atas rumah. Agak khawatir sih jangan-jangan nanti kayak di Kalimantan,” kata dia, kepada metrosemarang.com.

Sementara itu, Prakirawan Cuaca Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Semarang, Zauyik mengungkapkan citra satelit BMKG memantau kemunculan kabut pertama kali pukul 14.00 WIB.

Ia lantas menyampaikan kemunculan kabut di atas langit-langit rumah warga Semarang disebabkan adanya pertemuan hembusan udara kering yang datang dari arah Australia yang melewati sepanjang Pantura Jawa dan sebagian Kalimantan. Sebaliknya, kata dia, dari arah Sumatera berhembus udara basah dan menggumpal di tengah Laut Jawa.

“Pertemuan antara udara kering dan basah di atas Pulau Jawa dan sebagaian Kalimantan inilah yang akhirnya memunculkan fenomena apeksi atau kabut pekat di Semarang siang hari ini,” ungkapnya.

BMKG belum bisa memperkirakan sampai kapan fenomena ini berakhir. Tapi ia memastikan hal ini tak ada kaitannya dengan kebakaran hutan yang muncul di Kalimantan maupun di puncak Lawu Karanganyar. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 74 = 81

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.