Kabupaten Kendal Dapat Pasokan 8.000 Blangko E-KTP

PEncetakan e-KTP di Dispendukcapil Kabupaten Kendal. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal mendapatkan  kiriman 8.000 blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Ribuan blangko itu baru datang sepekan lalu. Pihak dinas lantas melakukan pencetakan berdasarkan urutan perekaman data.

Kendati demikian, jumlah tersebut belum dapat memenuhi pencetakan e-KTP seluruh warga. Warga yang melakukan perekaman data pada bulan ini dipastikan belum bisa mendapatkan e-KTP. “Kami tetap memprioritaskan warga yang sudah melakukan perekaman terlebih dahulu sesuai  urutan,” kata Kepala  Dispendukcapil Kendal  Bambang Dwiono, Kamis (9/11).

Bahkan Bambang mengatakan pihaknya belum dapat mencetakkan e-KTP warga yang sudah melakukan perekaman pada enam bulan lalu. Ribuan pasokan blangko e-KTP yang baru datang itu diperkirakan hanya mampu untuk melayani kebutuhan warga selama dua bulan saja. Sesuai urutan, sampai saat ini Dispendukcapil masih mencetak rekaman data yang dilakukan tahun 2016.

Banyaknya antrean, ditambah dengan keterbatasan peralatan dan tenaga menjadi kendala pencetakan kartu. “Kalaupun saat ini permintaan blangko kami di penuhi seluruhnya, saya pastikan juga tidak bisa mencetak semuanya. Karena keterbatasan peralatan cetak dan tenaga,” jelas Bambang.

Masruri, warga Gemuh Kendal yang sedang mengurus e-kTP lantaran KTPnya hilang, tidak bisa langsung mendapatkan ganti e-ktp yang baru. Ia diberi surat keterangan. Kelak jika e-KTP sudah tercetak, akan dikirim ke rumah. “Diberi surat keterangan. Katanya untuk mendapatkan e-KTP menunggu antrian,” kata Masruri.

Ia berharap pemerintah bisa segera memenuhi permintaan warga. Masruri khawatir jika hanya diberi selembar surat, akan hilang atau rusak. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 − = 81

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.