Jumlah Saksi Pemilu Tak Ideal, Potensi Kecurangan Perlu Diantisipasi

Semua parpol telah menyerahkan daftar saksi untuk ditempatkan di TPS. Namun jumlah saksi secara keseluruhan jauh dari kebutuhan.

Ilustrasi. (metrojateng.com)


SEMARANG
– Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Jawa Tengah menyebut kondisi saat ini masih kekurangan saksi TPS untuk Pemilu 2019. Jumlahnya sangat jauh dari kata ideal. Maka dari itu, potensi kecurangan perlu diantisipasi.

Saat ini, BAWASLU mengaku sedang membekali pelatihan mekanisme pemungutan suara bagi para saksi TPS untuk kebutuhan Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pengawasan BAWASLU Jawa Tengah, Anik Sholihatun, menyatakan proses pelatihan dilakukan dengan melibatkan semua saksi TPS yang diserahkan oleh 16 parpol peserta Pemilu ditambah saksi untuk kedua capres dan cawapres.

Anik menjelaskan pelatihan saksi TPS bakal dilakukan di masing-masing kecamatan. Jadwalnya akan dilakukan serentak sampai 10 April nanti.

“Saksi TPS akan kami beri pelatihan.  Untuk saksi parpol akan digelar di tingkat kecamatan hingga 10 April nanti,” ujarnya, Senin (18/3/2019).

Ia menuturkan semua parpol sudah menyerahkan saksi untuk ditempatkan di TPS.

Menurutnya dari data dari 35 kabupaten/kota, saksi dari Gerindra tercatat paling banyak. Jumlahnya ada 51.895 orang. Kemudian, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berjumlah 45.904 orang dan PAN 32.271 orang.

Selanjutnya, PSI, PKPI dan Demokrat menyerahkan saksi TPS paling sedikit. “Datanya sedang kami kumpulkan dari masing-masing daerah,” jelasnya.

Saksi yang diserahkan 16 parpol itu baru 276.310 orang. Padahal idealnya jumlah saksi parpol di TPS ada 1.864.256 orang untuk Pileg dan 2.077.038 orang untuk Pilpres.

Jumlah ideal itu mengacu dari banyaknya TPS di Jateng pada Pemilu 2019, yakni 115.391 TPS.

Ia juga mengatakan saksi TPS dari perwakilan parpol koalisi dua capres dan cawapres, saat ini jumlahnya sudah lengkap. Dari data awal yang ia peroleh jumlah saksi untuk Paslon nomor 02 Prabowo-Sandi kurang lebih 4.000 orang. Kini jumlahnya bertambah.

“Menjadi 14.608 orang untuk saksi TPS perwakilan capres nomor 02 dan nomor urut 01, hanya 2.417 orang,” bebernya.

“Jumlahnya tidak signifikan, masih jauh dari harapan atau kata ideal,” ujar Anik. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.