Jumat Agung, 40 Pemuda Katolik Ikuti Jalan Salib di Gereja Karangpanas

jumat agung
Prosesi jalan salib di Gereja Karang Panas. (foto: metrosemarang.com/Fariz Fardianto)

SEMARANG – Setidaknya 40 orang muda Katolik (OMK) Gereja Paroki Santo Athanasius Karangpanas, Semarang, mengikuti prosesi jalan salib untuk menyemarakan Hari Raya Paskah 2018. Hellen, Koordinator OMK Gereja Paroki Santo Athanasius Karangpanas mengatakan, prosesi jalan salib tahun ini agak berbeda ketimbang 2017 lalu.

Di tahun ini, para jemaat gereja diajak berdoa sekaligus keliling memutari halaman gereja mulai dari gerbang masuk Karangpanas, melewati taman kemudian menuju bangunan gereja lama sampai tiba kembali di depan Gereja Karangpanas.

“Untuk yang sekarang teatrikalnya penuh dengan adegan kolosal. Lagipula lokasinya juga outdoor diluar kalau tahun kemarin kan murni di dalam gereja,” ungkap Hellen kepada metrosemarang.com, Jumat (30/3).

Tentunya, kata Hellen, dirinya berharap agar situasi keamanan selama jalan salib dapat berjalan lancar. Hellen menjelaskan jalan salib dimulai pukul 08.00-10.00 WIB nanti. Pantauan di gereja, sejumlah jemaat Katolik mulai memadati taman untuk bersiap mengikuti jalan salib.

Mereka bersiap membacakan kidung-kidung doa dan mendapat pengawalan dari prajurit TNI Kodim 0733/BS Semarang. Ibadah Paskah 2018 di Paroki Karangpanas dipimpin oleh Romo Ignasius Suharyo. Romo Emmanuel Graha Lisanta, sebagai Wakil Kepala Paroki Karangpanas menuturkan bahwa, Paskah kali ini mengusung tema Mempraktekan Kasih Dalam Kata dan Perbuatan.

“Tema itu kami angkat untuk mengingatkan jemaat gereja terutama kepala daerah yang maju Pilkada agar dapat mengimplementasikan janji-janjinya sesuai perbuatan yang dilakukan selama ini. Sehingga suasana Pilkada dapat berlangsung kondusif tanpa gangguan keamanan apapun,” tukasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

34 − 24 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.