Jokowi Pilih Bang Yos Kepala BIN, Rakyat Jateng Protes pada Ganjar

berita-sutiyoso-kepala-bin

KLATEN – Penunjukkan Sutiyoso sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) oleh Presiden Joko Widodo memicu kontroversi. Tak terkecuali masyarakat Jawa Tengah yang melampiaskan ketidaksetujuannya pada Gubernur Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan, dirinya mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat terkait penunjukan Sutiyoso. Ganjar sendiri tidak bisa menjawab pertanyaan itu karena pemilihan Bang Yos sepenuhnya kewenangan presiden. ?

“Saya memang mendapatkan banyak SMS protes dari temen-temen, kenapa harus pak Sutiyoso (jadi calon Ketua BIN). Tapi saya tidak tahu, mungkin Presiden punya pertimbangan sendiri soal itu,” katanya, saat ditemui ketika meninjau industri rumah tangga gula merah di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten, Rabu (10/6).

Menurut Ganjar, banyak yang tidak setuju dengan penunjukan Bang Yos. Alasannya karena ada banyak kontroversi yang melekat pada diri Ketua Umum Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu.

Satu diantaranya, dugaan keterlibatan Sutiyoso dalam peristiwa ‘Kudatuli’ 27 Juli 1996 silam. Di mana saat itu, markas PDI di Jalan Diponegoro Nomor 58 diserbu sekelompok orang yang diduga suruhan Surjadi dan kawan-kawan termasuk Sutiyoso yang saat itu menjadi Panglima Kodam Jaya.Sutiyoso disebut-sebut sebagai pihak yang ikut bertanggungjawab.

Meski demikian Ganjar mengaku tidak memiliki argumentasi rasional untuk menjawab berbagai protes masyarakat tersebut. Sehingga dia mengimbau agar Presiden dan lingkungan istana langsung menjelaskannya kepada rakyat.

“Makanya saya belum tahu pertimbangannya, mungkin yang bisa menjelaskan mereka di lingkungan istana. Artinya harus dijelaskan kepada masyarakat, karena itu akan clear (selesai), ” imbuh Ganjar.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah menyerahkan nama Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN kepada DPR. Sutiyoso adalah calon tunggal yang dipilih Jokowi untuk menggantikan Marciano Norman. Jokowi mengaku sudah memperhatikan banyak hal, baik rekam jejak maupun kompetensi Sutiyoso sebelum mengambil keputusan. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

93 − = 83

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.