Jokowi Dilantik, Tujuh Tumpeng Diarak Keliling Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara

Tujuh tumpeng disajikan di kawasan Gladak Solo untuk menyambut pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI. Foto Metrojateng/Raditya Erwiyanto
Tujuh tumpeng disajikan di kawasan Gladak Solo untuk menyambut pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI. Foto Metrojateng/Raditya Erwiyanto

SOLO – Masyarakat Kota Solo turut merasakan kebahagiaan, kala Joko Widodo resmi dilantik menjadi Presiden ke-7 RI, Senin (20/10). Beberapa jam sebelum pelatikan tersebut, masyarakat Kota Solo mengadakan kegiatan tumpengan di kawasan Gladak dan dipimpin langsung  jenis. Wali Kota FX. Hadi Rudyatmo.

Ada tujuh tumpeng yang disajikan. Ketujuh tumpeng tersebut dibawa dari kawasan Stasiun Purwosari, dengan menggunakan Sepur Kluthuk Jaladara yang dimasinisi oleh wali kota. Tepat sampai di kawasan Gladak, ketujuh tumpeng ini didoakan oleh para tokoh pengemuka agama, agar simbol kebersamaan ini tetap ada di benak Jokowi. Kurang dari 5 menit, tujuh tumpeng tersebut menjadi sasaran warga yang sudah menanti kedatanganya.

“Ini wujud kebersamaan di tengah perbedaan. Selain itu, ini juga ekspresi masyarakat Solo yang memiliki pemimpin baru dan berasal dari Solo. Kenapa kami memakai tujuh tumpeng, tujuh itu simbol Pak Jokowi Presiden ketujuh di negara ini,” ujar wali kota yang intim disapa Rudy ini.

Selain itu, alasan Rudy menggunakan Sepur Jaladara, karena alat transportasi ini ada sewaktu Kota Solo dipimpin Jokowi. Sehingga, memori-memori akan keberadaan Jokowi di tengah-tengah masyarakat setidaknya terulang kembali.

Sementara itu, Tri Wiranti salah seorang warga Solo yang mendapatkan nasi tumpeng berharap, sosok Jokowi mampu menjadi teladan seluruh masyarakat. Tak lupa dirinya pun berpesan agar setiap kali pulang ke Solo, politisi PDIP itu tetap menyempatkan untuk menyapa masyarakat setempat. (dit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 55 = 61

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.