Jepara Wakili Jateng di Parade Keprajuritan Nusantara

Seleksi tim duta seni Kabupaten Jepara di gedung kesenian Jepara. FOTO: Rhobi Shani
?

JEPARA – Kabupaten Jepara dipercaya pemerintah provinsi Jawa Tengah mewakili Jawa Tengah pada kegiatan Parade Keprajuritan Nusantara 2017 di Jakarta. Meski perhelatan nasional itu masih berlangsung November mendatang, persiapan telah dilakukan pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bersama Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara, sejak dini. Salahsatunya dengan menyiapkan tim duta seni.

Ketua DKD Jepara Udik Agus menyampaikan, sedikitnya 100 penari bakal dipersiapkan untuk kegiatan tersebut. Proses seleksi penari pun sudah dilakukan sejak awal bulan ini. Hanya saja, terkendala minimnya peserta penari laki-laki.

“Kami menyiapkan 100 penari terdiri darib60 penari perempuan dan 40 penari laki-laki,” ujar Udik, 1 Maret 2017.

Selain terkendala minimnya sumber daya manusia penari laki-laki, penari perempuan juga terbatas. Dari kuota 60 penari perempuan, saat ini baru terjaring 44 penari. Sementara penari laki-laki baru mendapat 12 orang.

“Kepercayaan Pemprov kepada Jepara menjadi beban tersendiri bagi kami. Tahun lalu, Jawa Tengah diwakili Pekalongan jura I, tahun ini minimal bisa mempertahankan gelar juara itu,” beber Udik.

Untuk memenuhi kebutuhan penari, Udik melanjutkan, selain menggandeng sangar kesenian, pihaknya juga akan menggandengan padepokan seni bela diri pencak silat yang banyak tersebar di penjuru Jepara.

Terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbud Agus Tri Harjono menambahkan, garapan yang dipersiapkan tahun ini adalah pasukan Ratu Kalinyamat. Seratus penari akan menggambarkan semangat dan kegigihan pasukan Ratu Kalinyamat dalam menggempur pasukan Portugis.

“Salahsatu yang disegani Portugis pada masa itu adalah pasukan dan armada laut Ratu Kalinyamat yang dipimpin Demang Laksmana. Jadi garapan tarian nanti juga bisa dijadikan media masyarakat dalam mengenali sejarah Nusantara, khususnya Ratu Kalinyamat,” urai Agus.

Sebelum dibawa ke Jakarta, Agus menambahkan, tari pasukan Ratu Kalinyamat akan dipentaskan pada momentum hari jadi Kabupaten Jepara, 9 April mendatang. (oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

72 − 64 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.