Jenis Copyright Dan Tips Mencegah Plagiarism!

Sumber : gmedia.net.id

COPYRIGHT atau Hak Cipta adalah hak eksklusif untuk menyalin suatu karya. Di Indonesia sendiri, karya yang dilindungi dengan undang – undang tentang Hak Cipta adalah Karya Tulis, Musik dan Lagu, Fotografi, Karya Seni Rupa, Terjemahan atau Tafsiran, Program Komputer dan Video Game. Perlindungan copyright juga berlaku untuk konten di blog atau website. Anda bisa menuliskan copyright di bagian footer.

Ada beberapa jenis copyright yang perlu Anda ketahui :

Full Copyright,  adalah jenis copyright yang mengatur perlindungan karya secara penuh. Jadi, orang lain tak bisa memanfaatkannya dalam bentuk apapun, kecuali sudah mendapatkan izin dari penciptanya. Inilah jenis copyright yang paling umum dan yang menjadi pembahasan di artikel ini.

Creative Common (CC), adalah jenis copyright yang memberikan izin ke orang lain untuk bisa langsung menyalin karya asalkan mencantumkan nama pencipta, link ke sumber karya, dan link ke lisensi CC.

Public Domain,  merupakan copyright yang sudah kadaluarsa. Sehingga siapapun bisa memanfaatkannya dengan bebas tanpa perlu izin ataupun mencantumkan nama penciptanya.

Lalu bagaimana cara mencegah plagiarism yang terjadi dengan tidak melanggar copyright?

Atur Jadwal Pembuatan Konten, Plagiarisme sering terjadi saat Anda membuat konten dengan terburu-buru. Dengan begitu, Anda harus menyiapkan ide konten Anda jauh – jauh hari. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan tanpa perlu melakukan copy-paste.

Cari Banyak Sumber, Jika sedang menulis sebuah artikel, penting bagi Anda untuk mencari ide dari banyak sumber, dan tidak mengandalkan satu sumber saja. Anda akan menerima informasi lebih banyak dan memperkaya isi konten Anda.

Melakukan Parafrase, Parafrase adalah mengungkapkan kalimat dengan cara lain dalam bahasa yang sama, tetapi tidak mengubah maknanya. Ini bisa menjadi cara efektif untuk mencegah plagiarisme ketika menulis konten. Anda harus memilih kata – kata atau frase yang tidak berlebihan.

Memasukkan Kutipan, Terkadang jika sedang melakukan parafrase, terdapat kata – kata yang tidak dapat diubah. Anda bisa tetap menggunakan kata tersebut dengan menjadikannya sebuah kutipan, namun dengan syarat kata – kata tersebut tak diubah sedikitpun dan mencantumkan sumbernya.

Cek Plagiarism, Kemungkinan kemiripan antara tulisan satu dengan lainnya adalah sesuatu yang normal. Karena konten yang di unggah setiap harinya sangat banyak jumlahnya. Anda bisa menggunakan tools untuk mengecek plagiarism. Tools ini akan melakukan scan ke berbagai website dan membandingkan konten Anda dengan konten lain. Nantinya, Anda akan mendapatkan hasil apakah konten Anda terindikasi plagiat atau tidak.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang bekerja dalam bidang content marketing, writer, dan lainnya. Ingat untuk selalu memperhatikan hal – hal diatas agar karya Anda tidak tersandung masalah Copyright.(*)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.