Jembatan Kali Kutho Belum Beres, Polisi Siapkan Dua Opsi

KENDAL – Titik krusial arus mudik tahun ini diperkirakan berada di perbatasan Batang-Kendal, karena jembatan tol Kali Kutho belum bisa dilalui. Polisi akan mengeluarkan kendaraan yang melintas tol fungsional Batang -Semarang melalui Gringsing Batang dan akan kembali dimasukkan melalui pintu tol Weleri Kendal.

Rombongan Kakorlantas tinjau Tol fungsional Batang-Semarang. Foto: edi prayitno

Kakorlantas Mabes Polri Irjen Royke Lumowa saat meninjau tol fungsional Batang Semarang, Jumat (1/6) siang dengan bersepeda melihat kesiapan jalan tol yang akan digunakan untuk arus mudik. Bersama rombongan, Kakorlantas juga melihat jalur pantura perbatasan Batang-Kendal yang diperdiksi akan menjadi titik krusial saat arus mudik.

Irjen Royke Lumowa juga melihat pekerjaan jembatan Kali Kutho, yang belum juga selesai sehingga akan dilakukan rekayasa lalu lintas di perbatasan Kendal-Batang ini.

“Kendaraan yang melintas tol fungsional Batang-Semarang akan keluar di fly over Gringsing dan melintas jalur pantura hingga masuk lingkar Weleri. Jika jalur pantura lengang maka kendaraan terus melaju di lingkar Weleri hingga ke Kota Semarang,” jelasnya.

Opsi lainnya jika ada kepadatan di pantura maka kendaraan yang keluar dari fly over Gringsing akan kontra flow sepanjang satu setengah kilometer dan kemudian masuk di pintu tol Weleri. “Kontra flow dilakukan agar tidak terjadi persimpangan di lingkar Weleri yang bisa mengakibatkan kemacetan,” imbuhnya.

Saat peninjauan dengan bersepeda, Kakorlantas melihat kesiapan jalur yang akan digunakan arus mudik. Meski masih ada jalan yang belum dibeton namun secara keseluruhan jalan tol fungsional ini sudah bisa dilalui.

Sedangkan untuk jembatan Kali Kutho baru akan selesai pada H-2 sehingga diperlukan rekayasa lalu lintas. Untuk puncak arus mudik yang melintas di pantura Kendal diperkirakan pada tanggal 9 atau 10 Juni 2018 mendatang. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.