Jelang PPDB, Disdukcapil Brebes Diserbu Pemohon Legalisir

Dalam sehari saja, Disdukcapil dapat melayani hingga sekitar seribu lembar berkas yang dilegalisir.

BREBES – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dimulai pada 24 Juni 2019. Menjelang pelaksanaan tersebut, warga dan pelajar mulai ramai melakukan legalisir akta kelahiran dan kartu keluarga di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes.

Pemohon legalisir akta kelahiran dan kartu keluarga mengantre di Kantor Disdukcapil Kabupaten Brebes. Foto : metrojateng.com/ adithya

Hal tersebut dilakukan, lantaran terdapat persyaratan untuk melampirkan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga yang dilegalisir oleh dinas terkait, pada saat mengirim berkas ke sekolah tujuan. Selain itu, diperlukan persyaratan lain seperti ijazah, dan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh pemerintah desa.

Dalam sehari saja, Disdukcapil dapat melayani hingga sekitar seribu lembar berkas yang dilegalisir. Untuk itu, disediakan petugas khusus yang menangani legalisir akta kelahiran.

Beberapa pelajar SMP yang mengajukan permohonan legalisir mengeluhkan lamanya proses di Disdukcapil. Mengingat, banyaknya jumlah pemohon dan minimnya petugas yang melayani. Hal tersebut menyebabkan adanya antrean.

“Saya mau melanjutkan ke SMK. Ini sudah menunggu dari pagi, sampai siang nggak jadi-jadi,” ungkap salah seorang pemohon legalisir, Dimas kepada metrojateng.com, Jumat (14/6/2019).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo mengungkapkan, ramainya legalisir akta kelahiran terjadi setiap musim menjelang pendaftaran sekolah. Karena salah satu syaratnya yakni akta kelahiran dan kartu keluarga yang berlegalisir.

Hal tersebut berkaitan dengan sistem zonasi dalam PPDB, yang memprioritaskan peserta didik yang mempunyai kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam zona pada suatu wilayah kabupaten/ kota yang sama dengan lokasi sekolah.

“Untuk satu hari jumlah pemohon legalisir bisa mencapai seribu lebih. Mungkin karena memang waktunya sudah dekat, ditambah kemarin sempat libur Lebaran, sehingga terjadi antrean. Namun, kami yakin semua pemohon dapat terlayani dengan baik,” papar Mayang. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.