Jelang Pilpres, Pencetakan e-KTP Tinggal 3,5 Persen Lagi

Pemda diminta lekas menuntaskan perekaman e-KTP dan pencetakan blangkonya, maksimal selesai 31 Desember 2018

SEMARANG – Menjelang kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) telah mencapai 96,5 persen. Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif F menjelaskan pencetakan e-KTP kini tinggal menyisakan sekitar 3,5 persen lagi.

Kemendagri meminta pemda segera menuntaskan rekam data e-KTP untuk pelaksanaan Pemilu 2019. Foto: metrojateng.com

“Kepada seluruh pemda diminta agar lekas menuntaskan perekaman e-KTP dan pencetakan blangkonya. Semuanya harus selesai 31 Desember nanti. Orang yang minta dicetak, ya harus segera dicetakkan. Jangan pakai surat keterangan lagi. Yang kartunya rusak, harus segera diganti,” kata Zudan usai menggelar dialog di Patra Jasa Semarang, Kamis (13/9/2018).

Ia memastikan jumlah penduduk Indonesia yang belum melakukan rekam data e-KTP saat ini kurang 7 juta jiwa. Menurutnya jumlah tersebut terus bergerak dinamis. Tiap bulan, ungkapnya terus bergerak fluktuatif.

“Turun naiknya segitu. Nanti akan bertambah dengan pemohon yang berusia 17 tahun per April 2019 nanti. Pasti akan bertambah,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat meningkatkan proaktif untuk mengurus e-KTP sebelum Pilpres. Sebab, tiap warga yang ingin nyoblos saat Pilpres wajib punya e-KTP.

“Kalau mau ikut Pilpres, masyarakat harus punya e-KTP. Itu sudah mutlak,” tegasnya.

Zudan menyampaikan Kemendagri saat ini sedang mengebut penerbitan formulir Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu alias DP4.

Menurutnya DP4 nantinya bisa dimanfaatkan oleh KPU untuk menentukan jumlah pemilih tetap menjelang coblosan Pilpres dan Pileg.

Ia pun menaruh harapan kepada Komisi Pemilihan Umum untuk menyandingkan data kependudukan yang dihimpun dari formulir DP4 dengan jumlah DPT.

“Karena data kami ini akurat. Terus diperbaiki tiap enam bulan sekali,” tuturnya, seraya menjamin bahwa, ketersediaan blangko e-KTP hingga kini masih mencukupi.

Ia menyebut jumlah blangko e-KTP yang tersedia saat ini mencapai 5,9 juta keping. “Hampir enam juta lah,” pungkasnya. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.