Jelang Pilgub, Dispendukcapil Kendal Kebut Cetak E-KTP

Ilustrasi

 

KENDAL – Menjelang pemilihan gubernur Jawa Tengah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal percepat pencetakan KTP elektronik. Dalam sehari setidaknya 200 KTP elektronik dicetak. Bahkan pada Hari Sabtu, Dispendukcapil juga membuka pelayanan penukaran surat keterangan dengan cetak KTP elektronik.

Ratusan warga Kendal setiap hari memadati kantor Dispendukcapil untuk menukarkan surat keterangan dengan KTP elektronik. Meski menunggu lama warga ini tetap antre menunggu giliran pencetakan KTP elektronik. Warga rela antre sebab sudah hampir setahun belum mendapatkan KTP. Sebagai pengganti surat identitas, warga hanya memegang surat keterangan.

Namun sayangnya, tidak semua warga dapat dilayani meski sudah mengantre. “Karena terbatas alat dan jaringan, terkadang membuat pencetakan tidak maksimal,” kata Kepala Dispendukcapil Kendal, Bambang Dwiyono.

Di kabupaten Kendal jumlah penduduk harus mengganti identitas dengan KTP elektronik masih ada 737.445.  “Dari jumlah ini , yang sudah melakukan perekaman baru 672.199. Hingga akhir Januari ini yang belum melakukan  perekaman  ada 65.246,” kata Bambang.

Sedangkan, jumlah KTP elektronik yang sudah dicetak sebanyak 6.340. Untuk blangko  saat ini  stoknya masih ada 7.759 sehingga cukup untuk mencetak KTP-elektronik.

Dispendukcapil juga menjamin pembuatan KTP-elektronik lebih cepat hanya butuh waktu  empat hari. Diharapkan, sebelum pelaksanaan Pilgub Jateng semua warga yang masih menggunakan surat keterangan sudah bisa memegang KTP elektronik.

Menurut warga, pencetakan KTP elektronik sangat diharapkan warga yang selama ini hanya mendapatkan selembar surat keterangan. Salah satunya Winarti, warga yang hampir enam bulan belum mendapatkan KTP elektronik, meski sudah melakukan perekaman sekitar bulan Aagustus 2017.

“Senang, sekarang sudah bisa dicetak KTP elektroniknya. Maklum sudah direkam sejak Agustus silam tapi baru bisa jadi sekarang,” katanya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.