Jelang Musim Pilkada, Ormas Mulai Didekati Parpol

ilustrasi (nasional.sindonews.com)
ilustrasi (nasional.sindonews.com)

KENDAL – Sejumlah partai politik (Parpol) sudah mulai melakukan pendekatan terhadap organisasi kemasyarakatan (Ormas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kendal 2015. Selain sesama parpol, komunikasi politik tersebut juga dinilai strategis untuk meraih kemenangan.

Pendekatan tersebut dilakukan terutama pada Ormas yang memiliki pengaruh besar, seperti Nahdlatul Ulama (NU). Sejauh ini, sudah ada dua parpol yang mendekati Ormas paling besar di Kabupaten Kendal, yakni PPP dan PKB.

Ketua PC NU Kabupaten Kendal, Moch Danial, mengatakan, bahwa dua parpol tersebut sudah melakukan komunikasi dengan pihaknya untuk meminta dukungan dalam Pilbup Kendal 2015. “Ya, PKB dan PPP sudah melakukan pendekatan kepada kami,” ujarnya Rabu (18/02) siang. Dalam komunikasi politik itu, Danial mengaku, dilakukan di waktu yang berbeda. Namun, kedua parpol memiliki visi yang sama, yakni mengharapkan calon bupati nantinya berasal dari kalangan NU.

Tak dapat dipungkiri, sebagian besar warga Kabupaten Kendal adalah penganut faham NU. Sehingga menjadi sasaran bagi parpol untuk mendukung kemenangan calon bupati yang diusung.

“PKB dan PPP juga menginginkan adanya suksesi kepemimpinan di Kabupaten Kendal ini,” paparnya. Selain dua parpol tersebut, Danial juga mengaku telah didekati secara personal parpol lain, di antaranya Golkar, PAN, Gerindra dan PDIP.

“Secara umum, baik personal maupun parpol, menginginkan adanya pergantian kepemimpinan. Kalau kami, yang jelas pemimpin ke depan harus berlatarbelakang NU,” ungkapnya.

Kendati demikian, Danial menegaskan, NU saat ini masih netral dan belum memberikan dukungan bagi parpol manapun dalam Pilbup mendatang. “NU tetap netral, karena NU bukan parpol,” tegasnya.

Ketua Tim Desk Pilkada PKB, Turmudzi, menyampaikan bahwa sejauh ini tim yang dipimpinnya sudah melakukan komunikasi dengan petinggi sejumlah parpol lain. Namun, belum memasuki tahap kepastian koalisi. Selain itu, komunikasi politik juga dilakukan terhadap Ormas dan takoh masyarakat.

“Tim Desk Pilkada ini dibentuk untuk melakukan komunikasi. Kemungkinan PKB akan menggunakan Koalisi Merah Putih (KMP) yang sudah terbentuk untuk strategi di Pilbup Kendal,” ujar dia.

Sejauh ini, sejumlah nama calon Bupati yang bakal masuk di KMP di antaranya Ustadz Ali Nuruddin, Ketua DPC PKB Beni Karnadi, Wakil Bupati Kendal (aktif) Mustamsikin dan salah satu aparat petinggi TNI di Kendal.

“Tapi siapa calonnya nanti yang akan diputuskan belum ada. Sebab nanti masih akan rapatkan dan diputuskan melalui rapat antar parpol koalisi,” ungkapnya.

Pengurus PPP Kabupaten Kendal, Mastur Samlawi, mengatakan, sejauh ini partainya juga belum mengusung calon. Tapi besar kemungkinan PPP tetap akan berkomitmen dengan KMP. “Tapi kami masih bangun komunikasi politik, untuk menentukan koalisi dan penentuan calon yang akan diusung bersama. Karena kami juga tidak bisa maju sendiri,” tandasnya. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 57 = 58

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.