Jelang Coblosan, Dispendukcapil Kendal ‘Diserbu’ Warga

KENDAL – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, ratusan warga antre di pelayanan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal. Selain untuk mengambil e-KTP yang sudah dicetak ada juga yang meminta surat keterangan dan perekaman data.

Antrean warga di kantor Dispendukcapil Kendal, Selasa (26/6). Foto: edi prayitno

Antrean warga Kendal ini sudah terlihat sejak hari pertama pelayanan dibuka usai cuti Hari Raya Idul Fitri. Jumlah itu makin meningkat pada Selasa (26/6) siang,, lantaran besok Rabu (27/6) pelayanan kembali tutup. Mereka rela mengantre untuk mendapatkan KTP elektronik agar bisa digunakan untuk mencoblos pada Pilgub besok.

Lepi misalnya, warga Brangsong ini sudah hampir dua jam menunggu mendapatkan e-KTP. Dirinya sudah mendapatkan surat keterangan dan ingin menukarkan dengan KTP elektronik.

“Sudah dari tadi Mas belum dipanggil padahal sudah datang pagi tapi sudah ramai jadi antrinya lama,” katanya.

Sementara Azka warga Weleri, juga sudah menunggu lebih dari dua jam untuk dipanggil menerima KTP elektronik. “Saya sudah melakukan perekaman data sejak Desember tahun lalu dan sekarang sudah jadi. Tapi malah antrenya minta ampun sudah dua jam belum juga dipanggil,” ujar Azka.

Kabid Kependudukan, Dispendukcapil Kendal Sucipto mengatakan mengingat ada cuti Lebaran pelayanan sempat terhenti dan antrian semakin banyak.

“Untuk hari ini kebanyakan warga antre pengambilan KTP elektronik. Namun pada pelayanan dibagi menjadi tiga, yakni pengambilan KTP elektronik, pembuatan kartu keluarga dan perekaman data KTP elektronik,” jelasnya.

Sucipto menambahkan, untuk cetak e-KTP dalam satu hari  mencetak 1.500 biji. ”Insya Allah tahun 2019 akan ditambah 10 mesin cetak sehingga nantinya dalam satu hari bisa mencetak hingga 5.000 KTP elektronik,” pungkasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

77 − = 76

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.