Jelajah Kebangsaan, Mahfud MD Sambangi Stasiun Balapan

Jelajah Kebangsaan Merak-Banyuwangi akan diadakan di sembilan stasiun yang dimulai dari Stasiun Merak

SOLO – PT Kereta Api Indonesia (Pesero) bekerja sama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan menggelar dialog kebangsaan di Stasiun Balapan Solo, Rabu (20/2/2019). Dialog tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang sekaligus Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Mahfud MD saat memberikan sambutan pada acara Dialog Kabangsaan yang digelar di Stasiun Balapan, Solo, Rabu (20/2/2019). Foto: metrojateng.com

Jelajah Kebangsaan Merak-Banyuwangi akan diadakan di sembilan stasiun yang dimulai dari Stasiun Merak, Stasiun Gambir, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Jombang, Stasiun Surabaya Gubeng dan berakhir di Stasiun Banyuwangi.

Para tokoh nasional yang hadir akan menggunakan kereta api khusus untuk menempuh jarak 1.341 km dari stasiun paling barat di Pulau Jawa hingga stasiun yang berada di paling timur Pulau Jawa selama lima hari perjalanan.

“Supaya dari rasa kemanusian, kita bisa hidup berkesatuan berkeadilan dan berideologi Pancasila,” ujar Mahfud MD, usai acara di Stasiun Balapan, Solo, Rabu (20/2/2019).

Mahfud menambahkan gerakan ini juga sekaligus mangajak untuk tidak mudah termakan berita tidak benar atau hoaks yang selama ini meresahkan. Dia sangat mengapresiasi atas kerjasamanya, dukungannya dan kepedulian KAI terhadap keutuhan dan kokohnya NKRI.

Mahfud juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kemajuan KAI yang luar biasa dalam memberikan layanan publik, transportasi massal untuk masyarakat. Dia berharap kerja sama KAI dengan Gerakan Suluh Kebangsaan bisa berlanjut terus dalam kegiatan lain demi cita-cita bersama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kita ingin masyarakat Indonesia cerdas dalam menerima sebuah informasi, jangan sampai masyarakat percaya terhadap berita hoaks,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro berharap, dengan diadakannya kegiatan ini dapat menguatkan dan menyebarluaskan semangat positif kebangsaan Indonesia melalui jalur kereta api.

“KAI senantiasa mendukung kegiatan yang positif dalam rangka memupuk rasa berkebangsaan Indonesia bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia melalui pendekatan yang ringan namun kreatif dan membumi,” ujarnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.