Jateng Fair Rangsang UMKM Temukan Momentum

image

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba kendaraan tempur TNI yang dipamerkan di Jateng Fair 2015, Senin (24/8) malam. Foto: metrojateng.com/anton sudibyo

SEMARANG– Terpuruknya nilai tukar rupiah terhaadap dollar justru menguntungkan bagi usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Terkait hal itu, Jateng Fair 2015 diharapkan menjadi salah satu pemicu perkembangan UMKM di Jawa Tengah.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, dirinya bersama gubernur se-Indonesia dipanggil Presiden Jokowi, Senin (24/8). Pertemuan itu salah satunya membahas nilai tukar rupiah.

“Seluruh gubernur dikumpulkan presiden, kita punya PR besar. Ekonomi bergulat luar biasa, dolar naik tinggi, yuan dijatuhkan dengan kekuatan luar biasa,” katanya, dalam pembukaan Jateng Fair 2015 diarea Pekan Rekreasi Promosi danPembangunan (PRPP) Semarang, ?Senin malam.?
?
Ketika dolar semakin tinggi, maka produk-harga produk luar negeri semakin menjulang dan tidak terbeli masyarakat Indonesia. “Nah maka hari ini adalah momentum luar biasa untuk menggelorakan semangat penggunaan produk dalam negeri. Produk-produk UMKM harus didorong untuk gencar promosi,” tegasnya.

Karena itulah, Ganjar merasa posisi Jateng Fair strategis untuk memperkenalkan produk-produk dari berbagai daerah di Jateng. ?”Saya ingin Jateng Fair betul-betul merangsang menstimulus ekonomi kreatif dan juga panggung-panggung kesenian ditampilkan sehingga menyeimbangkan otak kanan dan kiri,” jelasnya.

Pembukaan Jateng Fair dimeriahkan dengan penampilan Tari Kretek dari Kudus. Gubernur nampak antusias melihat-lihat stand demi stand. Diantaranya pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari delapan kesatuan Kodam IV Diponegoro.

Direktur PT PRPP Jateng Titah Listyorini memaparkan, Jateng Fair 2015 digelar 18 hari mulai 20 Agustus hingga 6 September. Pameran terbesar di Jateng ini diikuti 280 instansi dan perusahaan yang menempati 320 stand.

“Kami menargetkan 450 ribu pengunjung dan total transaksi langsung maupun tidak langsung Rp 40 miliar,” katanya.

Event ini buka setiap harinya pukul 16.00 sampai 22.00, kecuali hari Minggu yang buka dari pukul 10.00 hingga 22.00. ?
?
Jateng Fair kali ini menawarkan beberapa wahana baru. Di antaranya wahana foto tiga dimensi, science center dan segway yang menjadi bagian dari 25 macam mainan kreatif andalan Jateng Fair.?

Jika lelah jalan-jalan, pengunjung bisa beristirahat sembari menyaksikan aneka macam hiburan. Sejumlah band populer seperti Endank Soekamti, Tipe X, dan Shaggydog akan menyapa penggemarnya di Jateng Fair.

Penggemar dangdut dipastikan tak akan rela beranjak dari panggung dengan penampilan OM Monata, Pantura, Sera, dan Sonata. Masih ada lagi panggung budaya dari tim kesenian 35 daerah di Jateng, parade band, panggung akustik yang diisi sejumlah grup keroncong, jazz, dan anak jalanan. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

71 + = 80

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.