Menjelang Peresmian Tol Batang-Semarang, Jasa Marga Kebut Pembebasan Lahan

Kebutuhan lahan paling banyak ada di Kota Semarang.

SEMARANG- Proses pembebasan lahan pada ruas jalan tol Batang-Semarang seksi Kecamatan Ngaliyan, Semarang hingga saat ini masih dikebut.

Ruas Tol Batang-Semarang. Foto: dok metrosemarang.com

PT Jasamarga Semarang Batang menyatakan lahan-lahan yang dibebaskan itu berada di tiga titik mencakup Batang, Kendal dan Semarang.

“Luas totalnya ada 46 hektare untuk lahan tambahan. Kami akan lakukan percepatan proses agar lahan tersebut dapat segera disiapkan untuk pembangunan tol,” ungkap Manajer Pengendalian Lahan PT Jasamarga Semarang-Batang, Hadi Susanto, Jumat (12/10/2018).

Pengerjaan pembebasan lahan akan dikebut sampai akhir Oktober ini. Ia merinci, dari luasan total tambahan tersebut, terdapat 1.481 bidang lahan yang menjadi prioritas untuk dibebaskan.

Di Batang misalnya, pembebasan lahan untuk jalan tol telah mencapai 90 persen. Sedangkan di Kendal sudah selesai 50 persen. Untuk Semarang sudah dilakukan pembayaran pada Jumat (12/10/2018) di dua kelurahan Kecamatan Ngaliyan.

Pengerjaan jalan tol tersebut dilakukan secara berbarengan, bahkan hingga perencanaan. Karena itulah, dimungkinkan adanya penambahan lahan untuk itu.

“Ini penambahan terakhir, karena akhir tahun 2018 akan diresmikan presiden. Kebutuhan lahan paling banyak ada di Semarang, karena wali kota meminta adanya jalan masuk dan keluar di Ngaliyan,” tukasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.