Jangan Kaget, E-KTP Berlaku Seumur Hidup

image

SOLO- Bagi anda pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elekronik (El) mulai saat ini, KTP-el anda berlaku seumur hidup. Kebijakan tersebut berdasarkan keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 470/296/SJ/29 Januari  2016 yang sudah dikirim ke tiap kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kota Solo, Suwarta. Suwarta menerangkan, selama tidak ada perubahan data, KTP-el tersebut berlaku seumur hidup.

“Memang disitu (KTP-el) tertera masa berlakunya, namun jika tak ada perubahan data berlaku untuk seumur hodup. Namun, jika KTP-el tersebut mengalami kerusakan atau kehilangan, bisa diterbitkan kembali, asal membawa bukti surat kehilangan, maupun bukti KTP-el lama bagi yang rusak,” terangnya.

Menurut Suwarta, dengan dikeluarkannya SE ini semakin mempertegas UU No. 24 tahun 2013 di Pasal 101, yang mengatur bahwa KTP-el itu berlaku seumur hidup.

“Ya kebijakan ini ditetapkan sejak SE dikeluarkan kemarin,” tegasnya.

Meski begitu, hingga saat ini masih ada sekitar 8 ribu warga Solo yang belum melakukan rekam data KTP-el. Kebanyakan dari mereka tinggal di luar kota Solo. (MJ-03)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.