Jangan Asal Gerak, Begini Tips Berolahraga ala Ade Rai

Penyakit akibat lemak berlebih seperti jantung, diabetes dan gula bisa dihindari dengan memulai hidup sehat

SOLO – Atlet binaraga, Ade Rai mengatakan penyebab terbanyak penyakit yang diderita oleh orang Indonesia berasal dari lemak yang berlebih di dalam tubuh. Atlet asal Bali tersebut mengajak masyarakat Solo dan sekitarnya agar tahu diri terhadap kesehatan tubuh masing-masing.

Ade Rai memberikan sosialisasi pola hidup sehat di Pendhapi Gedhe, Balai Kota Solo, Kamis (8/11/2018). Foto: metrojateng.com

“Kita tahu penyebab penyakit akibat lemak berlebih seperti jantung, diabetes dan gula bisa dihindari dengan memulai hidup sehat setiap hari,” ujar Ade Rai saat memberikan sosialisasi pola hidup sehat di Pendhapi Gedhe, Balai Kota Solo, Kamis (8/11/2018).

Ade Rai juga memberikan contoh gerakan olahraga sederhana kepada peserta. Seperti push up, plank dan lainnya.

Ia mengatakan pola berolahraga warga Indonesia cenderung salah. Banyak dari mereka yang hanya melakukan olahraga cardiovascular atau penguatan otot jantung, dan mengabaikan penguatan otot-otot lainnya yang justru memiliki banyak timbunan lemak akibat konsumsi karbohidrat dan gula berlebih.

“Banyak dari kita yang olahraga hanya  sering lari, senam, bersepeda, futsal. Itu bagus tapi hanya melatih otot jantung saja, dan mengabaikan otot lainnya yang menyimpan gula yang berlebih,” jelasnya.

Ade menjelaskan dalam 20 menit pertama olahraga, seperti lari, senam, dan bersepeda hanya membakar kadar gula darah di dalam otot. Baru setelah 20 menit berolahraga, lemak dalam tubuh terbakar.

Brand Ambrassador BPJS Kesehatan tersebut juga mengajarkan pola makan yang sehat, terutama menghindari makanan yang mengandung lemak dan kimia, seperti junk food. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.