Jamkrindo Targetkan Jamin Kredit hingga Rp 22 Triliun

Pada periode Januari-Maret 2019, total kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang sudah dijamin Jamkrindo mencapai Rp 2,7 triliun.

SEMARANG – Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menargetkan bisa menjamin kredit hingga Rp 22 triliun pada tahun 2019. Penjaminan itu meliputi untuk kredit usaha rakyat (KUR) atau non KUR.

Ilustrasi

Pimpinan Wilayah Jamkrindo Kanwil 5 Semarang, Wahyu Hidayatulllah mengatakan, upaya pihaknya untuk bisa mencapai target tersebut yaitu dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

‘’Kami juga akan melakukan sinergi baik di internal maupun eksternal seperti BUMN, lembaga daerah setempat, sehingga bisa mendapatkan prospek nasabah untuk melakukan penjaminan di Jamkrindo,” ungkapnya, Selasa (12/3/2019).

Diketahui pada periode Januari-Maret 2019, total kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang sudah dijamin Jamkrindo mencapai Rp 2,7 triliun. Nilai tersebut berasal dari 117 ribu nasabah. Baik jumlah total kredit ataupun nasabah, dibandingkan tahun lalu untuk Jateng mengalami kenaikan.

‘’Kami sudah melakukan seleksi terhadap nasabah yang melakukan pengajuan penjaminan kredit tersebut,’’ tuturnya.

Terkait pemberian jaminan, Jamkrindo memiliki dua pola. Pertama, yaitu pola secara tidak langsung, mereka datang ke bank seperti mengikuti program KUR, lalu ketika agunannya kurang baru melakukan penjaminan kepada Jamkrindo. Kemudian pola kedua, yaitu pola secara langsung di mana nasabah melakukan penjaminan secara online.

‘’Jadi nasabah bisa mengurusnya sendiri mulai dari memasukkan data dan lain-lain,’’ imbuh Wahyu.

Setelah proses tersebut, lanjut dia, semisal nasabah memang layak dalam artian bisa mengembalikan kredit, rugi dan labanya bagus, Jamkrindo akan melakukan penjaminan. Namun ketika ternyata tidak layak, maka tidak akan diberikan penjaminan.

“Kategori layak atau tidaknya kredit mendapatkan penjaminan, jika dari segi usaha masih terbilang baru. Kalau begitu, kami akan lakukan survei dan jika ternyata masih harus memenuhi beberapa kewajiban ya harus dipenuhi dulu,’’ katanya.

Sementara itu, jumlah penjaminan non KUR di Jateng yang dilakukan oleh Jamkrindo bulan Januari 2019 sebesar Rp 1,5 triliun. Adapun, limit untuk penjaminan dari Jamkrindo saat ini maksimal sekitar Rp 30 miliar. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.