Jalur Kereta Rawan Tergenang Banjir

PT KAI Daop 4 menyiapkan perlengkapan alat material untuk siaga .

SEMARANG- Memasuki musim penghujan, jalur kereta sepanjang 656 kilometer di pantai utara Jawa Tengah berpotensi tergenang banjir.

Aktivitas mudik Lebaran menjadi salah satu pemicu inflasi di bulan Juni. Foto: efendi

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan titik rawan banjir yang berada di wilayahnya tersebut mencakup dari ujung Tegal, Cepu dan Gundih.

“Untuk itu, dari pihak kami sudah menyiapkan perlengkapan Alat Material Untuk Siaga (AMUS). Mulai alat pemelihara rel jenis MTT, batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam untuk peningkatan jembatan dan alat penambat rel. Ditambah mengerahkan personel 24 jam di titik-titik yang telah ditentukan,” ujarnya, Senin (10/12/2018).

Ia pun mengaku sudah mempertebal penjagaan selama dijaga 24 jam nonstop untuk mengantisipasi banjir. Di antaranya pada jalur Stasiun Plabuan dengan Stasiun Krengseng, tiga titik antara Stasiun Plabuan-Stasiun Kuripan, satu titik antara Stasiun Kuripan-Ujung Negoro dan satu titik antara Semarang Tawang-Alastua.

Para personelnya yang dikerahkan yaitu petugas flying gank, Petugas Penilik Jalan (PPJ) Ekstra, Penjaga Jalan Lintas (PJL) Ekstra, dan petugas posko daerah rawan di sepanjang lintasan kereta daerah operasional 4 Semarang.

Hal ini, menurutnya dilakukan demi memantau adanya peristiwa luar biasa (PLH) yang bisa menghambat perjalanan kereta.

“Jumlah petugasnya ada 183 orang. Rinciannya 85 personel PPJ Ekstra, 84 personel PJL Ekstra, dan 14 personel posko daerah rawan,” ucapnya.

Tak lupa ia mengimbau kepada para pengguna jalan supaya mentaati rambu-rambu perlintasan sebidang. Sesuai UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya. Sebab dari tahun ke tahun, ia mendapati adanya tren kenaikan jumlah kecelakaan di pelintasan kereta.

Di tahun 2016 terjadi 17 kecelakaan, kemudian pada 2017 tercatat terdapat 42 kecelakaan. Sementara dari Januari hingga 30 November 2018 telah terjadi 27 kecelakaan. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.