Jalan Welahan-Keling ‘Naik Kelas’ jadi Jalan Nasional

image
Perbaikan jalan berupa pengecoran di ruas jalan Welahan Jepara. Foto: Rhobi Shani

JEPARA – Jalan provinsi yang membentang di wilayah Kabupaten Jepara, saat ini telah berubah status menjadi jalan nasional. Seperti ruas jalan provinsi dari Welahan hingga Keling. Itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (DBMP-ESDM) Kabupaten Jepara, Budiarto, Rabu (30/9).

Lebih lanjut Budiarto menyatakan, pengajuan peningkatan status dari jalan provinsi menjadi jalan nasional telah disetujui pemerintah pusat. Surat Keputusan (SK) terhadap persetujuan itu sudah turun.

“Jalan provinsi mulai dari Welahan sampai Keling statusnya sekarang meningkat menjadi jalan nasional. SK dari Kementrian PU berkait peningkatan status jalan itu juga sudah turun,” ujar Budiarto.

Peningkatan status jalan yang menghubungkan Kabupaten Jepara dengan Demak – Semarang itu, Budiarto melanjutkan, dilatarbelakangi banyak faktor.  Salah satunya, di Bumi Kartini terdapat aset nasional, yaitu Pembangkit Listrik Tanaga Uap (PLTU) Pembangkitan Tanjung Jati B.

“Selain itu, di Kabupaten Jepara juga terdapat destinasi wisata nasional, yaitu Taman Laut Nasional Karimunjawa,” kata Budiarto.

Lantaran terdapat sejumlah aset nasional itu, Budiarto menandaskan, peningkatan status jalan mendesak dilakukan. Pasalnya, kelas jelan provinsi dan nasional pun berbeda.

“Jika sudah menjadi jalan nasional, maka penganggarannya menggunakan APBN,” pungkas Budiarto. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

66 + = 67

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.