Jalan Tol Salatiga-Solo Akan Dibuka Menjelang Natal

Rencana tanggal 20 Desember 2018 Tol Salatiga-Solo oleh Presiden Jokowi.

SEMARANG- Jalan Tol Salatiga-Solo dapat digunakan untuk menunjang arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ganjar Pranowo saat mengecek kesiapan Tol Salatiga-Solo, di hari ini Jumat (14/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Saat berada di ruas Tol Salatiga-Solo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, memeriksa proyek tersebut. Mulai proses pengerjaan akhir pada talut jalan tol, jembatan dan dinding tepi jalan.

“Sudah siap, untuk bangunan utama sudah tembus Semarang-Solo. Tinggal proses akhir yang kiri kanan ada talut harus diselesaikan, yang jembatan,” kata Ganjar, Jumat (14/12/2018).

Ia mengaku ruas tol tersebut sempat dipakai Menteri BUMN, Rini S Soemarno saat menyusuri ekspedisi tol Trans Jawa belum lama ini. Ganjar mengklaim akan mengujicoba ruas Tol Salatiga-Solo saat liburan Natal nanti.

Lebih jauh lagi, ia bilang Tol Salatiga-Solo punya panorama keindahan Gunung Merbabu yang menjadi latar belakang exit tol tersebut. Tak lupa Ganjar juga meninjau ruas Salatiga-Kartosuro dan berhenti di Kalikenteng.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer. Untuk tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu. Sementara ruas tol Salatiga-Kartosuro sepanjang 32,6 kilometer.

“Rencana tanggal 20 Desember 2018 oleh Presiden Jokowi. Sekaligus jalan sampai pergantian tahun,” cetusnya.

Dengan selesainya pengerjaan jalan tol tersebut, katanya waktu tempuh Semarang-Solo kini menjadi lebih cepat. Dari semula tiga jam. Kini jadi 1,5 jam.

“Orang Semarang yang akan ke Solo cukup 1,5 jam atau sebaliknya. Kalau santai-santai ya dua jam sambil ngopi-ngopi, mau istirahat sambil lihat pemandangan. Maka sekarang kita tinjau. Semalam saya juga sudah nyoba. Lumayan bagus,” ujar Ganjar. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.