Jalan Tol Salatiga-Solo Akan Dibuka Menjelang Natal

Rencana tanggal 20 Desember 2018 Tol Salatiga-Solo oleh Presiden Jokowi.

SEMARANG- Jalan Tol Salatiga-Solo dapat digunakan untuk menunjang arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ganjar Pranowo saat mengecek kesiapan Tol Salatiga-Solo, di hari ini Jumat (14/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Saat berada di ruas Tol Salatiga-Solo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, memeriksa proyek tersebut. Mulai proses pengerjaan akhir pada talut jalan tol, jembatan dan dinding tepi jalan.

“Sudah siap, untuk bangunan utama sudah tembus Semarang-Solo. Tinggal proses akhir yang kiri kanan ada talut harus diselesaikan, yang jembatan,” kata Ganjar, Jumat (14/12/2018).

Ia mengaku ruas tol tersebut sempat dipakai Menteri BUMN, Rini S Soemarno saat menyusuri ekspedisi tol Trans Jawa belum lama ini. Ganjar mengklaim akan mengujicoba ruas Tol Salatiga-Solo saat liburan Natal nanti.

Lebih jauh lagi, ia bilang Tol Salatiga-Solo punya panorama keindahan Gunung Merbabu yang menjadi latar belakang exit tol tersebut. Tak lupa Ganjar juga meninjau ruas Salatiga-Kartosuro dan berhenti di Kalikenteng.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer. Untuk tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu. Sementara ruas tol Salatiga-Kartosuro sepanjang 32,6 kilometer.

“Rencana tanggal 20 Desember 2018 oleh Presiden Jokowi. Sekaligus jalan sampai pergantian tahun,” cetusnya.

Dengan selesainya pengerjaan jalan tol tersebut, katanya waktu tempuh Semarang-Solo kini menjadi lebih cepat. Dari semula tiga jam. Kini jadi 1,5 jam.

“Orang Semarang yang akan ke Solo cukup 1,5 jam atau sebaliknya. Kalau santai-santai ya dua jam sambil ngopi-ngopi, mau istirahat sambil lihat pemandangan. Maka sekarang kita tinjau. Semalam saya juga sudah nyoba. Lumayan bagus,” ujar Ganjar. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.