Jalan Tergenang, Siswa ‘Nyeker’ ke Sekolah

Banjir Kendal

Selain menggenangi sekolah, banjir akibat luapan sungai ini juga merendam Koramil 1 Kendal hingga ketinggian 70 centimeter.

KENDAL – Jalur Pantura Kendal ikut terimbas banjir dan menyebabkan arus lalu lintas tersendat, Senin (28/1/2019) pagi. Anak-anak juga harus menerjang genangan air untuk ke sekolah.

Siswa SD Negeri 2 Langenharjo harus menerjang banjir agar bisa sekolah. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Siswa SD Negeri 2 Langenharjo Kendal terpaksa melepas sepatu (nyeker) agar tidak basah saat mereka menerobos banjir demi bisa sampai ke sekolah. Meski gedung sekolah sudah tinggi namun jalan menuju sekolah tergenang banjir hingga ketinggian 50 centimeter.

Siswa terpaksa menerjang banjir, bahkan orangtua siswa harus menggendong anaknya menerjang banjir agar tetap belajar.

Kepala SDN 2 Langenharjo, Siti Subaidah mengatakan banjir kali ini lebih parah. “Biasanya tidak sampai menggenangi jalan masuk sekolah, sedangkan ruang sekolah tidak tergenang,” katanya.

Meski banjir di jalan masuk sekolah cukup tinggi tetapi kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan. “Sekolah tetap masuk tidak diliburkan, kalau yang tidak berangkat paling anak yang rumahnya kebanjiran,” imbuhnya.

Selain menggenangi sekolah, banjir akibat luapan sungai ini juga merendam Koramil 1 Kendal hingga ketinggian 70 centimeter. Kantor KPU Kabupaten Kendal juga terendam dan jalur Pantura Kendal sepanjang 300 meter ikut terendam banjir.

Kapolres Kendal turun tangan ikut mengatur lalu lintas di jalur pantura, Senin (28/1/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Akibat banjir di jalur Pantura Kendal, kendaraan yang melintas harus berhati-hati. Terlebih lagi banyak lubang di tengah jalan  yang tidak terlihat karena tergenang air, banyak pengendara yang terperosok dan harus dibantu petugas.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita yang ikut mengatur lalu lintas mengatakan, Pantura Kendal yang tergenang banjir hanya satu titik di jalan Soekarno Hatta. “Hanya satu titik saja yang terendam banjir namun ketinggian air tidak tinggi dan masih aman untuk dilalui kendaraan,” jelasnya.

Terkait jalan yang berlubang akibat banjir ini, Polres Kendal akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga agar secepatnya diperbaiki untuk menghindari kecelakaan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.