Jalan Kaligawe Berlubang, Pengendara Harap Waspada

Lubang jalan saat ini sudah diserahkan kepada Dinas Bina Marga Jateng untuk segera diselesaikan.

SEMARANG- Setelah bencana banjir yang merendam kawasan tersebut hampir sepekan, Dinas Perhubungan Jawa Tengah memastikan arus lalu lintas di seputaran Jalan Raya Kaligawe, Semarang mulai berangsur normal.

Kondisi jalan bawah jembatan tol Jalan Kaligawe pascabanjir, Senin (10/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satriyo Hidayat menyatakan pagi ini arus kendaraan baik dari arah pusat Semarang menuju Sayung Demak, maupun sebaliknya, mulai ramai lancar.

Ia mengingatkan pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan karena banyak lubang jalan yang muncul pasca banjir. Lubang yang muncul, katanya cukup dalam terutama di simpang empat Terboyo, samping jembatan tol Kaligawe dan Unisula.

“Tingkatkan konsentrasi ketika melintasi lokasi tersebut. Karena banjir yang merendam jalan raya sedikit banyak mengakibatkan aspal jalan mengelupas. Kondisi itu, membuat jalan-jalan yang ada di sepanjang Kaligawe rusak dan berlubang,” kata Satriyo kepada metrojateng.com, Senin (10/12/2018).

Satriyo mengatakan perbaikan lubang jalan saat ini sudah diserahkan kepada Dinas Bina Marga Jateng untuk segera diselesaikan. Kemudian pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juwana untuk mengerahkan pompa agar genangan banjir dapat teratasi.

“Walau begitu, kami memantau di lapangan masih ada beberapa titik genangan yang membuat pengemudi kendaraan berat maupun kendaraan pribadi untuk ekstra hati-hati,” kata Satriyo.

Satriyo mengaku sudah memberikan tiga jalur alternatif bila Kaligawe kembali kebanjiran. Opsi pertama, ia menyarankan pengguna jalan dari arah Pantura Timur supaya mengambil jalur memutar dari Pati masuk ke Purwodadi. Lalu perjalanan bisa diteruskan menuju Karangawen Demak. Akses tersebut ia rasa cukup ideal untuk menghindari banjir di Kaligawe.

Alternatif kedua, katanya ada baiknya pengguna jalan dari Demak memutar ke Mranggen menuju Karangawen. Selanjutnya menuju Semarang via Jalan Majapahit.

“Yang terakhir ya lebih baik melintasi Alastua Pedurungan. Itu jadi tiga pilihan bagi pengguna jalan kalau mau menghindari Kaligawe jika masih ada genangan banjir,” tuturnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.