Jalan di Semarang Remuk Tergerus Banjir

DPU mengklaim sudah melakukan penanggulangan beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan

SEMARANG – Hujan lebat yang terus mengguyur Kota Semarang beberapa hari terakhir mulai menyebabkan kerusakan infrastruktur jalan. Kerusakan jalan terebut mulai dikeluhkan oleh warga masyarakat yang sering bepergian menggunakan kendaraan.

Kondisi jalan bawah jembatan tol Jalan Kaligawe pascabanjir, Senin (10/12/2018). Banjir mengakibatkan sejumlah ruas jalan di Semarang rusak. Foto: metrojateng.com/fariz fardianto

Agus Riyanto, warga Manyaran, Semarang Barat, mengatakan, kerusakan jalan di antaranya terlihat di ruas Jalan Simongan, Ngemplak Simongan, tidak jauh dari lokasi Pasar Simongan. Badan jalan mulai tergerus dan berlubang karena hujan dan beban berat kendaraan yang melintas.

‘’Berlubangnya cukup lebar dan dalam ada yang sekitar lima centimeteran. Cukup berbahaya ketika hujan dan pengendara tidak tahu tiba-tiba terjerumus ke lubang,’’ katanya, Minggu (16/12/2018).

Terkait keluhan tentang kerusakan jalan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminudin menjelaskan, pihaknya telah berupaya dengan mengerahkan tim di UPTD untuk keliling mengecek jalan setiap hari. Tim tersebut bertugas mengecek kondisi jalan dan melakukan penambalan.

‘’Kami sudah melakukan penanggulangan beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan atau berlubang akibat tergenang air hujan. Setiap hari tim di UPTD keliling untuk mengecek jalan. Jika ada yang berlubang, langsung dilakukan penambalan,’’ jelas Iswar Aminudin.

Ia mencontohkan, ruas jalan di MT Haryono yang sudah dilakukan penambalan. ‘’Seperti di Jalan MT Haryono itu sudah kami tambal dan tidak berlubang lagi. Beberapa ruas jalan lainnya juga demikian, langsung dilakukan pekerjaan penambalan,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.